Pilihan

Kebakaran Besar di Kilang Minyak Irak, 10 Orang Luka-luka - deitk

 

Kebakaran Besar di Kilang Minyak Irak, 10 Orang Luka-luka

Jakarta 

-

Kebakaran besar terjadi di sebuah kilang minyak di wilayah Kurdistan, Irak. Sedikitnya 10 orang terluka, termasuk para petugas pemadam kebakaran yang berjuang untuk mengendalikan api. Kobaran api masih terus berlangsung hingga hari Kamis (13/6), menurut laporan badan pertahanan sipil.

Dilansir kantor berita AFP, Kamis (13/6/2024), kebakaran tersebut dilaporkan bermula di sebuah kilang minyak pada Rabu (12/6) malam waktu setempat, sebelum menyebar ke kilang kedua yang berada di wilayah barat daya Arbil, ibu kota wilayah otonom Kurdistan.

Fotografer AFP melaporkan, para petugas pemadam kebakaran bekerja sepanjang malam berjuang untuk memadamkan api, yang menimbulkan asap hitam tebal dan bola api oranye ke langit.

"Lebih dari 10 orang terluka, sebagian besar adalah anggota pertahanan sipil Arbil," kata badan pertahanan sipil dalam sebuah pernyataan. Ditambahkan bahwa tiga truk pemadam kebakaran terbakar dalam insiden itu.

Penyebab kebakaran masih belum diketahui, katanya.

"Kebakaran dimulai di satu kilang sebelum menyebar ke kilang lainnya," kata pernyataan itu. Empat tangki bahan bakar terkena dampaknya.

Di saat Irak mengalami musim panas yang terik, negara ini telah mengalami banyak kebakaran dalam beberapa pekan terakhir, yang berdampak pada pusat perbelanjaan, gudang dan rumah sakit.

Irak adalah salah satu produsen minyak terbesar di dunia. Penjualan minyak mentah menyumbang 90 persen pendapatan anggaran Irak.

Namun, ekspor dari wilayah Kurdistan telah dihentikan selama lebih dari setahun karena perselisihan mengenai masalah hukum dan teknis.

(ita/ita)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek