Pilihan

BI Lapor Uang Beredar Tembus Rp8,965 Triliun di Mei 2024 - Selular ID

Kemenag Sulsel Usut Dugaan Jemaah Asal Sidrap Berhaji Pakai Visa Wisata - detik

 

Kemenag Sulsel Usut Dugaan Jemaah Asal Sidrap Berhaji Pakai Visa Wisata

Sidrap 

- Jemaah asal

Sidrap 

, Sulawesi Selatan (Sulsel) diduga terjebak di Jeddah karena berhaji memakai visa wisata. Kemenag Sulsel kini mengusut informasi yang beredar di media sosial (medsos) tersebut.

"Belum ada laporan kami dapat (terkait warga Sidrap berhaji pakai visa wisata)," ungkap Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Sulsel Ikbal Ismail kepada detikSulsel, Jumat (14/6/2024).

Dia memastikan sampai sejauh ini belum ada laporan dari petugas haji di Mekkah terkait adanya jemaah yang terlantar. Makanya dia menduga jika pun ada jemaah yang terlantar atau tertolak, maka dipastikan dia bukan haji reguler.

"Itu kan bukan haji reguler, bukan pemerintah tangani. Jadi belum jelas pi, kemungkinan mereka belum masuk ke Mekkah, mereka pakai kemungkinan pakai visa ziarah dan yang visa ziarah itu tidak bisa masuk ke Makkah," bebernya.

Ikbal menegaskan memang tidak mudah untuk bisa menjadi jemaah haji. Bahkan warga Saudi Arabia saja tidak bisa langsung berhaji.

"Persyaratan haji kan banyak. Orang Saudi saja untuk berhaji harus memenuhi persyaratan," jelasnya.

Makanya dari itu, dia akan menelusuri lebih lanjut jika memang ada kasus baru jemaah yang terlantar karena memakai visa non haji.

"Kami intinya belum ada laporan. Ya kita menunggu ada pihak keluarga atau korban melapor sehingga bisa telusuri," paparnya.

Ikbal memastikan jika memang nantinya terbukti ada pihak travel yang menipu dengan menjanjikan haji ke warga dengan mengandalkan visa ziarah atau wisata, maka akan diberikan sanksi.

"Kalau terbukti ada travel melanggar aturan, tentu akan diberikan sanksi tegas," imbuhnya.

Diketahui, beredar di media sosial sebanyak 203 calon jemaah haji asal Sidrap terjebak di Jeddah. Dalam narasi yang beredar disebut jika jemaah tersebut terancam dideportasi.

Simak Video "Geger Wanita di Sidrap Tewas Ditelan Ular Piton"



(ata/sar)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek