Kolombia Setop Kirim Batu Bara ke Israel, Presiden Petro: Sampai Genosida di Gaza Berhenti! - inews

 

Kolombia Setop Kirim Batu Bara ke Israel, Presiden Petro: Sampai Genosida di Gaza Berhenti!

BOGOTA, iNews.id - Presiden Kolombia Gustavo Petro pada akhir pekan ini mengumumkan bahwa pihaknya akan menghentikan sementara ekspor batu bara ke Israel. Kebijakan itu bakal diterapkan selama militer zionis melanjutkan perang melawan Hamas di Jalur Gaza.

“Kami akan menangguhkan ekspor batubara ke Israel sampai genosida (genosida di Gaza) berhenti,” tulis Petro di platform media sosial X, Sabtu (8/6/2024).

Pada bulan lalu, Petro mengumumkan bahwa Kolombia bakal memutuskan hubungan dengan Israel karena konflik Gaza. Bogota juga akan membuka kedutaan besarnya untuk Palestina di Ramallah, Tepi Barat.

Petro menggambarkan operasi militer Israel di Gaza sebagai genosida terhadap rakyat Palestina. Dia juga mengatakan, Bogota bakal berhenti membeli senjata buatan Israel. Tel Aviv selama ini memang menjadi salah satu pemasok utama senjata untuk angkatan bersenjata negara Amerika Selatan tersebut.

Menurut Pemerintah Kolombia, larangan ekspor batubara akan mulai berlaku lima hari setelah keputusan tersebut diumumkan dalam berita resmi negara. Kebijakan itu dikatakan tidak akan memengaruhi pasokan barang-barang yang sebelumnya telah lebih dulu mendapatkan izin pengiriman.

Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved

Baca Juga

Komentar