Pilihan

Pasukan Kapal Selam China Membuat Terobosan Bersejarah - Sindomews

 

Pasukan Kapal Selam China Membuat Terobosan Bersejarah

Kapal selam bertenaga nuklir milik Angkatan Laut China, Long March 11, di lepas pantai kota pelabuhan timur Qingdao, China. Foto/REUTERS/Jason Lee

BEIJING 

- Pasukan kapal selam Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) telah membuat terobosan bersejarah dalam kemampuan torpedo dan rudal.

Pasukan tersebut berfokus pada pengembangan kapal selam bertenaga nuklir sambil juga memelihara kapal konvensional, menurut seorang perwira pada Senin (17/6/2024).

Wen Xuexing, kapten di detasemen kapal selam Angkatan Laut PLA, menyampaikan pernyataan tersebut dalam laporan oleh China Central Television (CCTV) dalam rangka merayakan ulang tahun ke-70 berdirinya pasukan kapal selam Angkatan Laut PLA.

Unit Wen adalah unit kapal selam pertama Angkatan Laut PLA, yang juga merupakan "unit benih" kapal selam yang bertanggung jawab untuk pengujian dan pelatihan, menurut CCTV.

"Sekarang, pengembangan kekuatan kapal selam China mencakup kapal bertenaga nuklir dan konvensional, dengan tenaga nuklir menjadi fokus utama," ungkap Wen, seraya mencatat kapal selam bertenaga nuklir China sekarang berpatroli di laut secara teratur.

"Kami telah mencapai terobosan bersejarah dalam hal verifikasi maritim atas serangan torpedo dan serangan rudal kami. Ini berarti kemampuan tempur kami lebih kuat, kami dapat menjangkau wilayah yang lebih jauh, dan kami lebih percaya diri dalam misi kami," papar Wen.

Baca Juga

Putin Tiba di Korea Utara, Langsung Disambut Kim Jong-un

Laporan CCTV menampilkan klip langka yang memperlihatkan torpedo aktif menghantam buritan kapal target, yang menyebabkan ledakan dahsyat yang menghancurkan kapal target.

“Kapal selam Angkatan Laut PLA memungkinkan rakyat China mengembangkan ekonomi dengan damai dan tidak takut akan invasi apa pun,” ungkap Wen.

Pengembangan dan operasi terkait kapal selam sering dianggap sensitif di semua angkatan laut di seluruh dunia karena persyaratan misi yang harus bersifat siluman, sehingga masyarakat cenderung tidak tahu banyak tentangnya.

Namun, paparan publik dalam jumlah terbatas juga dapat berfungsi sebagai pencegahan, menurut seorang pakar militer China yang meminta identitasnya dirahasiakan kepada Global Times pada Senin.

“Teknologi kapal selam China telah lama tertinggal di belakang teknologi tingkat atas dunia, tetapi terobosan terbaru menunjukkan teknologi itu mulai mengejar,” ungkap pakar tersebut.

Menurut laporan media, Angkatan Laut PLA sekarang mengoperasikan kapal selam konvensional seri Tipe 039, kapal selam serang bertenaga nuklir Tipe 09III, dan kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir Tipe 09IV, dengan model yang lebih canggih sedang dikembangkan.

Lihat Juga: Daftar 4 Negara Komunis dengan Militer Terkuat, 2 di Antaranya Bersenjata Nuklir

(sya)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek