Pilihan

Presiden Zelensky: Ukraina Akui Palestina sebagai Negara Merdeka - inews

 

Presiden Zelensky: Ukraina Akui Palestina sebagai Negara Merdeka

SINGAPURA, iNews.id - Ukraina mengakui Palestina sebagai negara merdeka. Kiev pun menyatakan kesiapannya melakukan semua upaya demi mengakhiri konflik di Jalur Gaza.

"Ukraina mengakui dua negara, Israel dan Palestina, dan akan melakukan segalanya untuk menghentikan Israel, untuk mengakhiri konflik dan penderitaan warga sipil ini," kata Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, pada forum Dialog Shangri-La yang diadakan Institut Studi-Studi Strategis Internasional (IISS) di Singapura, Minggu (2/6/2024).

Palestina saat ini diakui oleh sembilan negara anggota Uni Eropa. Delapan negara yaitu Bulgaria, Siprus, Republik Ceko, Hongaria, Malta, Polandia, Rumania dan Slovakia, mengakuinya pada 1988 sebelum bergabung dengan Uni Eropa. Sementara Swedia mengakuinya pada 2014. Secara total, Palestina telah diakui sebagai negara berdaulat oleh 143 negara dari 193 negara anggota PBB.

Pada 1947, Majelis Umum PBB memutuskan untuk membagi Palestina yang dikuasai Inggris menjadi negara Arab dan negara Yahudi. Sementara Kota Suci Yerusalem ditempatkan di bawah rezim internasional khusus. 

Pembagian tersebut sedianya dilakukan pada Mei 1948, ketika mandat Inggris akan berakhir. Namun faktanya, hanya negara Israel yang didirikan. Sementara Palestina sampai hari ini masih terus berusaha mencari pengakuan diplomatik atas negara merdeka mereka di wilayah Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, yang sebagian diduduki oleh Israel, dan Jalur Gaza.

Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek