Pilihan

Putin dan Kim Jong-un Tandatangani Pakta Pertahanan, Berikut 5 Konsekuensinya | Sindomews

 

Putin dan Kim Jong-un Tandatangani Pakta Pertahanan, Berikut 5 Konsekuensinya | Halaman Lengkap

Putin dan Kim Jong-un membangun aliansi militer. Foto/AP

PYONGYANG 

- Para pemimpin

Korea Utara 

dan

Rusia 

menandatangani perjanjian pada hari Rabu yang memperdalam kerja sama militer mereka dengan memasukkan janji pertahanan bersama untuk saling membantu jika diserang.

Kim Jong-un dari Korea Utara menyebut hubungan baru itu sebagai " persekutuan".

Kim berbicara pada konferensi pers yang jarang terjadi setelah pertemuannya dengan Presiden Vladimir Putin di Pyongyang, mengumumkan penandatanganan “kemitraan strategis komprehensif” yang menurut pemimpin Rusia mencakup elemen pertahanan.


1. Bantuan Timbal Balik Jika Salah Satu Pihak Diserang

Putin dan Kim Jong-un Tandatangani Pakta Pertahanan, Berikut 5 Konsekuensinya

Foto/AP

“Perjanjian kemitraan komprehensif yang ditandatangani hari ini antara lain memberikan bantuan timbal balik jika terjadi agresi terhadap salah satu pihak dalam perjanjian ini,” kata Putin, yang melakukan kunjungan pertamanya ke Korea Utara dalam 24 tahun.

Kunjungan Putin, yang kemungkinan akan membentuk kembali hubungan Rusia-Korea Utara selama beberapa dekade pada saat keduanya menghadapi isolasi internasional, diawasi dengan ketat oleh Seoul dan Washington, yang telah menyatakan keprihatinannya mengenai meningkatnya hubungan militer mereka.

Reaksi dari China, yang merupakan pemberi bantuan politik dan ekonomi utama bagi Korea Utara dan sekutu yang semakin penting bagi Moskow, tidak banyak bicara.

Baca Juga

Ribuan Tentara NATO Gelar Latihan Perang di Laut Baltik


2. Memperluas Kerja Sama di Berbagai Bidang

Putin dan Kim Jong-un Tandatangani Pakta Pertahanan, Berikut 5 Konsekuensinya

Foto/AP

Kim mengatakan pakta tersebut akan memperluas kerja sama di bidang politik, ekonomi dan pertahanan, dan menyebutnya sebagai perjanjian yang bersifat “cinta damai dan defensif”.

“Hubungan kedua negara telah meningkat ke tingkat aliansi yang lebih tinggi,” kata Kim.

Pada awal pertemuan puncak mereka, Kim menyatakan “dukungan tanpa syarat” untuk “semua kebijakan Rusia”, termasuk “dukungan penuh dan aliansi yang kuat” untuk perang Putin dengan Ukraina.


3. Melawan Hegemoni AS

Putin dan Kim Jong-un Tandatangani Pakta Pertahanan, Berikut 5 Konsekuensinya

Foto/AP

Putin mengatakan Moskow sedang melawan kebijakan hegemonik dan imperialis Amerika Serikat dan sekutunya, media Rusia melaporkan.

“Kami sangat menghargai dukungan Anda yang konsisten dan tak tergoyahkan terhadap kebijakan Rusia, termasuk ke arah Ukraina,” kantor berita Rusia RIA mengutip ucapan Putin pada awal perundingan.

Rusia terkena sanksi Barat yang dipimpin Amerika setelah Putin melancarkan invasi besar-besaran ke negara tetangga Ukraina pada Februari 2022 dalam apa yang disebut Moskow sebagai “operasi militer khusus”.

Putin, yang menjadi tuan rumah bagi Kim pada pertemuan puncak pada bulan September di Timur Jauh Rusia yang bertujuan mempercepat kerja sama militer kedua negara, menerima sambutan mewah di Pyongyang.

Penjaga kehormatan termasuk tentara berkuda, dan sejumlah besar warga sipil berkumpul di Lapangan Kim Il Sung di tepi Sungai Taedong yang mengalir melalui ibu kota. Adegan tersebut menampilkan anak-anak yang memegang balon dan potret raksasa kedua pemimpin dengan bendera nasional menghiasi bangunan utama alun-alun.

Kim dan Putin kemudian pergi ke Istana Kumsusan untuk melakukan pembicaraan puncak.


4. Memperkuat Dialog Strategis

Putin dan Kim Jong-un Tandatangani Pakta Pertahanan, Berikut 5 Konsekuensinya

Foto/AP

Sebelumnya, Kim mengatakan lingkungan keamanan yang semakin rumit di seluruh dunia memerlukan dialog strategis yang lebih kuat dengan Rusia.

“Dan saya ingin menegaskan kembali bahwa kami akan mendukung semua kebijakan Rusia tanpa syarat dan tanpa syarat,” kata Kim kepada Putin.

Korea Utara "menyatakan dukungan penuh dan solidaritas kepada pemerintah, tentara, dan rakyat Rusia dalam melakukan operasi militer khusus di Ukraina untuk melindungi kedaulatan, kepentingan keamanan, serta integritas wilayah", katanya.

Putin tiba di bandara Pyongyang pada hari sebelumnya. Setelah Kim menyambutnya dengan pelukan, keduanya berbagi “pikiran terdalam” dalam perjalanan menuju wisma negara, kata media pemerintah Korea Utara.


5. Membangun Kutub-kutub Baru

Putin dan Kim Jong-un Tandatangani Pakta Pertahanan, Berikut 5 Konsekuensinya

Foto/AP

Kemitraan kedua negara merupakan “mesin untuk mempercepat pembangunan dunia multi-kutub baru” dan kunjungan Putin menunjukkan persahabatan dan persatuan mereka tidak terkalahkan dan kokoh, kata kantor berita Korea Utara, KCNA.

Rusia telah memanfaatkan hubungan yang memanas dengan Korea Utara untuk menyerang Washington, sementara Korea Utara yang terkena sanksi berat telah mendapatkan dukungan politik dan janji dukungan ekonomi dan perdagangan dari Moskow.

Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya mengatakan mereka khawatir Rusia akan memberikan bantuan untuk program rudal dan nuklir Korea Utara, yang dilarang oleh resolusi Dewan Keamanan PBB, dan telah menuduh Pyongyang menyediakan rudal balistik dan peluru artileri yang digunakan Rusia dalam perang di Ukraina.

Moskow dan Pyongyang membantah adanya transfer senjata.

Setelah kedatangan Putin di Pyongyang tertunda selama beberapa jam, ia keluar dari pesawatnya menjelang fajar dan disambut oleh Kim sendirian di karpet merah, tanpa upacara akbar yang diadakan Korea Utara untuk menyambut Presiden China Xi Jinping pada kunjungannya pada tahun 2019.

Pasangan itu kemudian menaiki limusin Aurus buatan Rusia milik Putin ke Wisma Negara Kumsusan.

Foto-foto yang diambil media pemerintah menunjukkan jalan-jalan di Pyongyang dipenuhi potret Putin dan bagian depan Hotel Ryugyong berbentuk piramida 101 lantai yang belum selesai dan kosong, diterangi cahaya terang dengan pesan raksasa "Selamat Datang Putin".

Sebagai isyarat bahwa Rusia, anggota Dewan Keamanan PBB yang memegang hak veto, sedang mengkaji ulang pendekatannya terhadap Korea Utara, Putin memuji Pyongyang sebelum kedatangannya karena menolak apa yang disebutnya sebagai tekanan, pemerasan, dan ancaman ekonomi AS.

Dalam sebuah artikel untuk surat kabar resmi partai berkuasa di Korea Utara, ia berjanji untuk "mengembangkan mekanisme perdagangan alternatif dan penyelesaian bersama yang tidak dikendalikan oleh Barat" dan "membangun arsitektur keamanan yang setara dan tidak dapat dipisahkan di Eurasia".

Lihat Juga: Jerman Menyalahkan Rusia atas Memburuknya Hubungan China dan Uni Eropa

(ahm)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek