Pilihan

Putin ke Korut Pertama dalam 24 Tahun, Ajak Kim Jong-un Gabung BRICS? - Sindo news

 

Putin ke Korut Pertama dalam 24 Tahun, Ajak Kim Jong-un Gabung BRICS?

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Rusia Vladimir Putin. FOTO/TASS

JAKARTA 

- Sepanjang tahun ini, aliansi ekonomi BRICS telah berkomitmen untuk memperluas

dedolariasi 

. Anggota BRICS akan berkumpul dalam pertemuan tahunan mereka yang diadakan di Rusia pada Oktober tahun ini. Dengan kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Korea Utara, muncul spekulasi Korut bakal bergabung dengan blok ini dan mengadopsi mata uang BRICS pada 2024.

Tahun ini Rusia mengambil alih kepemimpinan BRICS. Selain itu, negara ini juga akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak yang sangat dinanti-nantikan. Sekarang, Putin mengunjungi Korut selama dua hari dalam sebuah pertemuan besar antara kedua pemimpin. Pada 2023, Kim Jong-un bertemu dengan Putin di Timur Jauh Rusia.

Incar Keikutsertaan BRICS?

Tahun lalu, aliansi BRICS memberlakukan upaya ekspansi pertamanya sejak tahun 2001. Memang, aliansi ini mengundang enam negara. Dari undangan tersebut, Uni Emirat Arab (UEA), Iran, Mesir, dan Ethiopia menerima undangan tersebut, dan menjadi tambahan terbaru dalam pengelompokan sembilan negara.

Baca Juga

Kapal Selam Nuklir Siluman Rusia Terbaru Sangat Ditakuti Barat, Ini Alasannya

Namun, pertumbuhan blok ini diperkirakan tidak akan berhenti. Banyak ahli memprediksi konsekuensi geopolitik lebih lanjut dari rencana ekspansi yang mungkin diberlakukan tahun ini. Saat Presiden Rusia mengunjungi Korea Utara hari ini, semua mata tertuju pada potensi pencalonan mereka untuk bergabung dengan blok ini dan mengadopsi mata uang BRICS yang baru pada 2024.

Aliansi ini telah mengonfirmasi pengembangan sistem pembayaran independen tahun ini. Selain itu, mata uang lokal untuk mendukung penyelesaian perdagangan unilateral telah lama dikabarkan sedang dalam proses dan bisa jadi siap untuk memulai debutnya yang telah lama ditunggu-tunggu tahun ini.

Kunjungan terbaru ke Korea Utara akan menjadi yang pertama bagi Putin dalam 24 tahun terakhir. Sebelumnya, ia mengunjungi pemimpin Korut saat ini, Kim Jong II. Namun, pertemuan itu telah menimbulkan kekhawatiran atas kerja sama militer antara kedua negara.

Menurut Media Pemerintah Rusia, Putin sedang mencari upaya bersama yang akan meningkatkan interaksi bilateral dengan Korea Utara. Selain itu, ia menyatakan harapannya untuk memfasilitasi kerja sama yang saling menguntungkan dan setara antara kedua negara.

"Hubungan persahabatan dan ketetanggaan yang didasarkan pada prinsip-prinsip kesetaraan, saling menghormati, dan kepercayaan, telah terjalin selama lebih dari tujuh dekade dan kaya akan tradisi sejarah yang agung," kata Putin dikutip dari Watcher Guru, Rabu (19/6/2024).

Lihat Juga: Putin Ungkap Tujuan Perjalanan ke Korea Utara

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek