Pilihan

Putin: Rusia Akan Terus Kembangkan Senjata Nuklir - inews

 

Putin: Rusia Akan Terus Kembangkan Senjata Nuklir

MOSKOW, iNews.id - Rusia akan terus mengembangkan senjata nuklir sendiri untuk merespons tantangan konflik di masa mendatang. Konflik Rusia dengan Ukraina memunculkan kembali isu perang nuklir antara Rusia dengan kekuatan Barat.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, langkah itu sebagai tindakan pencegahan atas ketegangan yang terus meningkat dengan negara-negara Barat.

“Kami berencana mengembangkan triad nuklir lebih lanjut sebagai jaminan pencegahan strategis serta menjaga keseimbangan kekuatan di dunia,” kata Putin, dalam pidatonya saat pidato di acara kelulusan akademi militer, kepolisian, dan intelijen, di Istana Kremlin, Jumat (21/6/2024).

Triad nuklir Rusia mengacu pada rudal nuklir yang diluncurkan dari darat, laut, dan udara.

Pada kesempatan itu Putin juga mengatakan akan terus memasok senjata dan drone terbaru kepada para tentaranya yang bertempur di Ukraina.

Putin, pada Juni 2023, mengatakan Rusia memiliki lebih banyak senjata nuklir daripada negara-negara NATO. 

“Kami memiliki lebih banyak senjata semacam itu daripada negara-negara NATO. Mereka mengetahuinya, dan sepanjang waktu kami dibujuk untuk memulai negosiasi pengurangan,” kata Putin, saat itu.

Dia menegaskan, Rusia tidak akan menyetujui bujukan Barat tersebut.

Rusia, lanjut dia, saat ini belum perlu menggunakan senjata nuklir. Penggunaan senjata pemusnah massal itu sesuai doktrin baru dimungkinkan jika eksistensi negara terancam. 

Dia mengingatkan, meski Rusia memiliki banyak hulu ledak nuklir, namun belum pernah menggunakannya di medan perang. Ini berbeda dengan Amerika Serikat yang pernah menggunakan saat Perang Dunia II.

“Izinkan saya mengingatkan Anda, satu-satunya negara di dunia yang telah menggunakan senjata nuklir melawan negara non-nuklir adalah Amerika Serikat, yang dua kali menyerang Kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang,” kata Putin.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek