Pilihan

Putin Tegaskan Rusia Akan Terus Produksi dan Sebar Rudal Nuklir - inews

 

Putin Tegaskan Rusia Akan Terus Produksi dan Sebar Rudal Nuklir

MOSKOW, iNews.id - Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan negaranya akan melanjutkan produksi rudal bekemampuan nuklir jarak pendek dan menengah berbasis di darat. Bukan hanya itu, Putin akan menyebarnya ke negara-negara sekutu Rusia.

Pernyataan itu disampaikan Putin menyusul rencana Amerika Serikat (AS) yang akan menempatkan rudal serupa ke negara-negara Eropa dan Asia.

AS secara resmi menarik diri dari Perjanjian Kekuatan Nuklir Jarak Menengah (INF) 1987 pada 2019 setelah menuduh Rusia melanggar perjanjian tersebut. Tuduhan itu dibantah oleh Kremlin.

Rusia kemudian memberlakukan moratorium terhadap pengembangan rudal sendiri yang sebelumnya dilarang oleh perjanjian INF.

“Diketahui bahwa Amerika Serikat tidak hanya memproduksi sistem rudal ini, namun telah membawanya ke Eropa untuk latihan di Denmark,” kata Putin, dalam pertemuan Dewan Keamanan  Nasional Rusia, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (29/6/2024).

Putin melanjutkan, ada kabar bahwa rudal-rudal AS sudah berada di Filipina. Tidak diketahui apakah rudal-rudal itu sudah ditarik dari Filipina atau belum. Dia menegaskan bahwa Rusia terpaksa merespons.

“Tampaknya, kita harus mulai memproduksi sistem serangan ini hingga kemudian, berdasarkan situasi aktual, membuat keputusan tentang di mana -untuk menjamin keselamatan kita- menempatkannya,” kata Putin.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek