Sepak Terjang Karier Bambang Susantono, eks Kepala Otorita IKN - Viva

 

Sepak Terjang Karier Bambang Susantono, eks Kepala Otorita IKN

Selasa, 4 Juni 2024 - 00:30 WIB

Jakarta – Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, mengonfirmasi bahwa Bambang Susantono telah mengundurkan diri dari jabatan Kepala Otorita (Ibu Kota NusantaraIKN. Sebelumnya, Bambang Susantono dilantik sebagai Kepala Otorita IKN oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Maret 2022. 

Jokowi juga telah mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberhentian Bambang. Dalam surat pengunduran diri Bambang Susanto tidak dijelaskan alasannya keluar dari projek IKN yang saat ini masih berjalan.

Bambang Susantono sendiri sudah lama terlibat dalam pemerintahan, dirinya dipercaya sejak era Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Selain di pemerintahan, Bambang Susanto juga memiliki sepak terjang karier di industri lain. Berikut informasi selengkapnya!

1. Pegawai Negeri di Departemen Pekerjaan Umum.

Setelah lulus dari perkuliahan, Bambang bekerja sebagai pegawai negeri di Departemen Pekerjaan Umum yang menjadi bagian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (Kemen PUPR RI). 

Bambang membantu kementerian dalam perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan  pekerjaan umum dan perumahan.

2. Dosen Pasca Sarjana di Universitas Indonesia

Bambang mengajar dan membimbing tesis di Program Pascasarjana Bidang Ilmu Teknik di Universitas Indonesia. Ia melakukan penelitian di bidang transportasi, dengan fokus khusus pada aspek lingkungan hidup dan sosial perkotaan. Bersama dengan sepuluh profesor dari universitas ternama di Asia Timur, ia meneliti fenomena transportasi di kota-kota megapolitan di kawasan Asia Timur.

3. Presiden Intelligent Transport System Indonesia (ITS Indonesia)

Pengetahuan dan pengalamannya yang luas mengantarkan Bambang menjadi Presiden Intelligent Transport System Indonesia (ITS Indonesia). Pekerjaan itu adalah menjadi pemimpin tertinggi dalam organisasi yang berfokus pada pengembangan dan penerapan sistem transportasi cerdas di Indonesia.

ITS Indonesia bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan keberlanjutan sistem transportasi melalui teknologi informasi dan komunikasi. Bambang bertanggung jawab untuk memimpin organisasi, mengarahkan strategi dan kebijakan, serta mengkoordinasikan berbagai inisiatif yang melibatkan teknologi canggih dalam sistem transportasi di Indonesia.

4. Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian

Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono.

Bambang pernah menjadi Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada tahun 2007-2010. Bambang bertanggung jawab atas koordinasi dan pengembangan kebijakan terkait infrastruktur dan wilayah di Indonesia. Berada di bawah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, membuat Bambang memiliki peran penting dalam berbagai kebijakan untuk infrastruktur Indonesia.

5. Penulis Buku Infrastruktur dan Transportasi

Gagasan dan ide-ide Bambang tentang infrastruktur dan transportasi telah dipublikasikan di berbagai media cetak dan elektronik. Pemikirannya tersebut juga ditulis lewat beberapa buku, beberapa di antaranya yaitu “Manajemen Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah”, “1001 Wajah Transportasi Kita”, “Strategi dalam Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah”, dan “Memacu Infrastruktur di Tengah Krisis”.

6. Vice President Eastern Asia Society of Transportation Studies (EASTS)

Di tingkat internasional, Bambang pernah menjabat sebagai Vice President Eastern Asia Society of Transportation Studies (EASTS). Posisi tersebut merupakan wakil presiden dalam sebuah organisasi internasional yang berfokus pada studi transportasi di kawasan Asia Timur.

EASTS didirikan untuk memfasilitasi pertukaran informasi dan pengetahuan antara para profesional, akademisi, dan praktisi di bidang transportasi. Sebagai Wakil Presiden EASTS, Bambang memiliki tanggung jawab untuk membantu memimpin organisasi, mengkoordinasikan berbagai inisiatif dan proyek, serta mempromosikan kerjasama antara negara-negara anggota dalam upaya untuk mengembangkan solusi transportasi yang lebih baik dan berkelanjutan.

7. Komisaris Utama di PT Garuda Indonesia, Tbk

Komisaris Utama di PT Garuda Indonesia, Tbk adalah posisi tertinggi dalam dewan komisaris perusahaan penerbangan nasional Indonesia tersebut. Saat menjadi Komisaris Utama, ia bertanggung jawab atas pengawasan dan pemberian nasihat kepada direksi perusahaan dalam menjalankan operasional dan manajemen perusahaan. 

Bambang juga memainkan peran penting dalam menjaga tata kelola perusahaan dan memastikan bahwa PT Garuda Indonesia, Tbk dapat beroperasi dengan baik.

8. Kepala Otorita di IKN

Presiden Jokowi dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono Usai Pelantikan

Photo :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara pada Kamis, 10 Maret 2022, di Istana Negara, Jakarta. Pengangkatan tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 9M Tahun 2022 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara.

Meskipun hanya bekerja selama 2 tahun dan resign tanpa diketahui alasannya hingga saat ini, Bambang tetap diberikan tugas baru di IKN oleh Jokowi. 

"Pak Bambang Susantono akan diberi penugasan baru, membantu langsung Bapak Presiden untuk memperkuat kerja sama internasional bagi percepatan pembangunan IKN," kata Pratikno selaku Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), seperti yang dikutip dari ANTARA.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Persemaian Mentawir Kalimantan Timur

Jokowi Tak Khawatir Pengunduran Diri Kepala OIKN Bisa Ganggu Investasi di IKN

Presiden Jokowi memastikan, mundurnya Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Wakilnya, yakni Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe, tak bakal ganggu investasi.

img_title

VIVA.co.id

5 Juni 2024

Baca Juga

Komentar