Pilihan

Siap-siap Cek Rekening, Gaji ke-13 PNS Cair Hari Ini - inews

 

Siap-siap Cek Rekening, Gaji ke-13 PNS Cair Hari Ini - Bagian All

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan mencairkan gaji ke-13 Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, dan pensiunan mulai hari ini, Senin (3/6/2024). Pembayaran tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 14 Tahun 2024 tentang Pemberian THR dan Gaji ke-13 kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2024.

Sejumlah aparatur negara yang akan menerima gaji ke-13, terdiri atas Pegawai Negeri Sipil (PNS), calon PNS, pegawai pemerintah dengan kerja (PPPK), prajurit TNI, anggota Polri, dan pensiunan.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Isa Rachmatarwata menuturkan, besaran anggaran gaji ke-13 hampir sama dengan tunjangan hari raya (THR) tahun lalu saat Idulfitri.

"Untuk gaji ke-13 ASN/TNI/Polri yang dikeluarkan langsung oleh APBN yang menjadi aparatur pusat itu nanti ada Rp18 triliun," ucap Isa dalam konferensi pers APBN dikutip, Senin (3/6/2024).

Gaji ke-13 ASN daerah yang disalurkan dari APBN melalui transfer daerah mencapai Rp21,1 triliun. Kemudian, untuk pensiunan diberikan dari APBN sebesar Rp11,7 triliun.

"Jadi totalnya kami perkirakan Rp50,8 triliun," kata dia.

Untuk gaji ke-13 ASN terdiri atas gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan, 100 persen tunjangan kinerja (bagi K/L pusat) dan setinggi-tingginya 100 persen tambahan penghasilan pegawai (TPP).

Semua besarannya juga akan menyesuaikan dengan pangkat, jabatan, peringkat jabatan atau kelas jabatannya.

Sementara itu, bagi ASN di daerah, terdiri atas gaji pokok, tunjangan keluarga, pangan, jabatan atau tunjangan umum dan tambahan penghasilan maksimal yang diterima dalam satu bulan bagi instansi pemerintah daerah.

Sedangkan, komponen THR dan gaji ke-13 pensiunan, penerima pensiunan dan penerima tunjangan terdiri atas pensiunan pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tunjangan penghasilan pensiun.

Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek