Terungkap, Sebagian Besar Jemaah Meninggal di Arab Saudi Tak Gunakan Visa Haji Resmi - inews

 

Terungkap, Sebagian Besar Jemaah Meninggal di Arab Saudi Tak Gunakan Visa Haji Resmi

MAKKAH, iNews.id - Sebagian besar jemaah yang meninggal dunia pada musim haji tahun ini tak memiliki izin resmi untuk menunaikan Rukun Islam ke-5 tersebut. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh pejabat dari beberapa negara.

Para pejabat mengatakan sebagian besar warganya yang meninggal dunia, melaksanakan haji menggunakan visa wisata atau kunjungan biasa. Mereka sudah memasuki Arab Saudi sejak beberapa bulan yang lalu.

Setelah memasuki Saudi mereka tetap bertahan di Makkah hingga datangnya musim haji tanpa memiliki izin yang sah, tanpa dukungan dari perusahaan atau badan mana pun untuk penyediaan akomodasi, makanan, hingga layanan transportasi.

Kementerian Luar Negeri Tunisia mengonfirmasi sebagian besar jemaahnya yang meninggal tiba di Saudi menggunakan visa wisata, kunjungan, atau umrah.

Hal senada disampaikan pejabat Yodrania. Direktur Operasional dan Urusan Konsuler Kementerian Luar Negeri dan Ekspatriat Yordania Sufyan Qudah mengatakan, seluruh jemaah haji dari negaranya yang meninggal atau hilang bukan bagian dari delegasi resmi. Mereka memasuki Arab Saudi menggunakan visa wisata atau kunjungan.

Para jemaah melaksanakan haji tahun ini di bawah kondisi suhu yang sangat menantang. Bahkan suhu di Makkah pada Senin (17/6/2024) tercatat menembus 51 derajat Celsius.

Para jemaah tanpa izin haji sah tersebut melakukan perjalanan jauh dari Makkah ke tempat-tempat suci di bawah sengatan matahari, tanpa ada perusahaan atau badan yang menyediakan akomodasi, makanan, hingga layanan transportasi.

Mereka menghadapi risiko kelelahan akibat panas kemudian harus berjalan jauh di rute berbatu atau tidak beraspal. Rute tersebut tidak diperuntukkan bagi pejalan kaki.

Baca Juga

Komentar