Pilihan

5 Dampak Perang Hizbullah dan Israel bagi Lebanon, Salah Satunya Konflik Sektarian Antar Kelompok- Sindo news

 

5 Dampak Perang Hizbullah dan Israel bagi Lebanon, Salah Satunya Konflik Sektarian Antar Kelompok | Halaman Lengkap

BEIRUT 

- Upaya

Hizbullah 

untuk membendung – bukannya mengakhiri – konflik tingkat rendah dengan Israel menuai pujian dan kecaman dari seluruh Lebanon.

Perpecahan ini terjadi sejak perang saudara tahun 1975-1990, yang memecah faksi-faksi politik lintas kelas dan sektarian untuk mendukung atau menentang perjuangan bersenjata Palestina melawan Israel yang dilakukan dari Lebanon.


5 Dampak Perang Hizbullah dan Israel bagi Lebanon, Salah Satunya Konflik Sektarian Antar Kelompok

1. Perang Sipil Bisa Pecah di Lebanon

5 Dampak Perang Hizbullah dan Israel bagi Lebanon, Salah Satunya Konflik Sektarian Antar Kelompok

Foto/AP

Kini, ketika Israel mengancam akan melakukan perang habis-habisan melawan Hizbullah yang didukung Iran, ketegangan sektarian meningkat.

Kritikus dan saingan politik Hizbullah menyalahkan Hizbullah karena melancarkan perang melawan Israel tanpa berkonsultasi dengan faksi lain ketika Lebanon berjuang untuk pulih dari kehancuran ekonomi.

Melansir Al Jazeera, Hizbullah mulai terlibat dengan Israel pada tanggal 8 Oktober, dengan mengatakan bahwa hal itu akan terus berlanjut sampai ada gencatan senjata di Gaza, di mana Israel telah menewaskan lebih dari 37.000 orang dan membuat sebagian besar penduduknya terpaksa mengungsi.

Perang Israel di Gaza dimulai setelah serangan pimpinan Hamas terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober, yang menewaskan 1.139 orang dan 250 orang ditawan.

Baca Juga

Tak Mau Tergantung AS, Arab Saudi Perkuat Industri Pertahanan Dalam Negeri


2. Lebanon Jadi Pengalihan Konflik Gaza

5 Dampak Perang Hizbullah dan Israel bagi Lebanon, Salah Satunya Konflik Sektarian Antar Kelompok

Foto/AP

Tanpa adanya kemenangan atau prestasi yang bisa diraih sembilan bulan kemudian, Israel mungkin berada dalam situasi sulit di Gaza, namun mereka belum merespons secara proporsional terhadap serangan Hizbullah dan mengancam terjadinya perang lagi di sana.

“Tidak ada seorang pun yang menginginkan perang saat ini, namun Israel-lah yang mengobarkan konflik,” kata Qassem Kassir, seorang analis politik Lebanon yang diyakini dekat dengan Hizbullah.

“Jika Israel melancarkan perang [skala penuh], ini akan menjadi perang yang terbuka dan besar.”


3. Sentimen Anti-Hizbullah Juga Meningkat

Beberapa orang di Lebanon, khususnya dari komunitas Kristen, sangat tidak senang dengan Hizbullah.

Samir Gagea dan Samy Gemayel, politisi Kristen yang masing-masing mengepalai Pasukan Lebanon dan partai Kataeb, menyalahkan Hizbullah karena menyeret Lebanon ke dalam “perang gesekan” yang tidak dapat dihindari dan menarik serangan Israel ke tanah Lebanon.

Sejak 8 Oktober, Israel telah membunuh sekitar 88 warga sipil di Lebanon selatan, sementara serangan Hizbullah telah menewaskan 10 warga sipil Israel.

Retorika Geagea dan Gemayel dapat menandakan bahwa mereka tidak ingin terlibat dalam konflik regional, kata Michael Young, seorang analis di Lebanon dan penulis The Ghosts of Martyrs Square: An Eyewitness Account of Lebanon’s Life Struggle, kepada Al Jazeera.

“Banyak pemimpin Kristen yang menentang keputusan Hizbullah untuk membuka front melawan Israel,” katanya, seraya menambahkan bahwa maksud tambahannya mungkin “untuk menunjukkan bahwa tidak seluruh Lebanon berada di belakang Hizbullah dengan harapan dapat menyelamatkan wilayah mereka dari perang terburuk. dengan Israel”.

Pihak lain setuju bahwa Hizbullah seharusnya tidak mengambil keputusan “sepihak”.

“Hizbullah dengan jelas menyatakan bahwa mereka telah membuka front [di Lebanon selatan] untuk mendukung Hamas melawan invasi Israel. Namun sebagai warga negara Lebanon… Hizbullah tidak berkonsultasi dengan siapa pun ketika mengambil keputusan ini,” kata Doumit Azzi, seorang aktivis hak asasi manusia Kristen Lebanon.


4. Intervensi Iran Makin Kencang

5 Dampak Perang Hizbullah dan Israel bagi Lebanon, Salah Satunya Konflik Sektarian Antar Kelompok

Foto/AP

Azzi yakin Hizbullah adalah bagian dari rezim Iran dan merujuk pada campur tangan kelompok tersebut dalam perang saudara di Suriah untuk mendukung Presiden Bashar al-Assad melawan pemberontakan.

“Situasinya [di Lebanon] tidak hitam dan putih. Saya tidak akan mendukung proyek kolonial Israel atau imperialisme lain yang telah melakukan kekejaman di Suriah selama pemberontakan,” kata Azzi kepada Al Jazeera.


5. Hizbullah Tetap Populer

5 Dampak Perang Hizbullah dan Israel bagi Lebanon, Salah Satunya Konflik Sektarian Antar Kelompok

Foto/AP

Yang lain memandang Hizbullah sebagai kelompok perlawanan akar rumput yang membebaskan Lebanon selatan dari pendudukan Israel selama 18 tahun pada tahun 2000.

Hizbullah menjadi lebih canggih sejak saat itu, memperluas kemampuan tempurnya, persenjataan dan aliran pendapatannya, kata para ahli sebelumnya kepada Al Jazeera.

Mereka telah lama mencap dirinya sebagai wajah dari “poros perlawanan”, yang mencakup milisi yang didukung Iran di Irak, Suriah dan Yaman, serta Hamas.

Lihat Juga: Gencatan Senjata di Gaza Diprediksi Cegah Perang Besar-besaran antara Israel dan Hizbullah

(ahm)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek