Donald Trump Resmi Maju Jadi Calon Presiden AS dari Partai Republik - CNN Indonesia

 

Donald Trump Resmi Maju Jadi Calon Presiden AS dari Partai Republik

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Donald Trump menerima tiket pencalonan dirinya sebagai calon presiden (capres) Amerika Serikat dari Partai Republik. Ia kini resmi maju ke Pilpres AS yang akan digelar 5 November mendatang.

"Kami akan memiliki kemenangan luar biasa, dan kami akan memulai empat tahun terbaik dalam sejarah negara kami," kata Trump dalam Konvensi Nasional Partai Republik di Milwaukee, Kamis (18/7).

Ini merupakan pidato perdana Trump sejak ia ditembak pemuda 20 tahun saat kampanye Pennsylvania pada 13 Juli lalu. Insiden itu menyebabkan telinga kanannya bolong sehingga ia mesti mengenakan perban saat hadir di konvensi.

Saat pidato, Trump menceritakan kembali insiden percobaan pembunuhan tersebut kepada khalayak. Dia mengaku sangat beruntung karena "Tuhan di pihak saya."

Pada kesempatan itu, ia juga meminta seluruh hadirin mengheningkan cipta atas tewasnya petugas pemadam kebakaran Corey Comperatore selama insiden. Di depan kerumunan, Trump mencium helm mendiang.

Trump juga kembali menegaskan niatnya memberantas imigran di perbatasan AS-Meksiko. Dia berujar "invasi" imigran telah membawa kehancuran dan kesengsaraan bagi AS.

Trump turut bersumpah akan mengakhiri pengeluaran besar-besaran yang dilakukan Presiden petahana Joe Biden guna memerangi perubahan iklim. Menurutnya, upaya Biden itu hanya sekadar "penipuan."

Pemilihan presiden Amerika Serikat bakal digelar pada 5 November mendatang. Trump akan didampingi JD Vance sebagai calon wakil presiden.

Sementara itu, Partai Demokrat belum kunjung mengumumkan capres mereka. Demokrat baru akan menggelar konvensi nasional pada 19 Agustus mendatang.

Mereka akan mengumumkan pasangan capres dan cawapres resmi pada kesempatan itu.

(blq/dna)

Baca Juga

Komentar