Hilal Tak Terlihat, Lembaga Falakiyah PBNU Umumkan Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1446 H Jatuh Hari Senin - Jawa Pos

 

Hilal Tak Terlihat, Lembaga Falakiyah PBNU Umumkan Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1446 H Jatuh Hari Senin - Jawa Pos

JawaPos.com - Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memberikan pengumuman penting bahwa 1 Muharram yang merupakan tahun baru dalam Islam jatuh pada Senin (8/7) besok.

Pengumuman tersebut diketahui berdasarkan surat bernomor: 046/LF-PBNU/VII/2024 Tentang Awal Bulan Muharram 1446 Η. LF PBNU memutuskan 1 Muharram jatuh pada Senin besok karena berdasarkan hasil pemantauan hilal yang digelar di sejumlah wilayah pada Sabtu Wage 29 Dzulhijjah 1445 H/6 Juli 2024 M, posisi hilal tidak dapat terlihat. 

LF PBNU kemudian memutuskan bahwa tahun baru hijriah jatuh pada Senin dengan menyempurnakan hari dimana bulan Dzulhijjah digenapkan menjadi 30 hari. "Sebagai tindak lanjutnya maka awal bulan Muharram 1446 H bertepatan dengan Senin Legi 8 Juli 2024 M (mulai malam Senin) atas dasar istikmal," demikian keterangan resmi yang dikeluarkan LF PBNU, dikutip Sabtu (6/7).

Selai itu, diharapkan informasi penting ini disebarluaskan oleh Jajaran Lembaga Falakiyah PWNU dan PCNU se-Indonesia supaya diketahui oleh semua warga NU terkait awal tahun Islam atau 1 Muharram 1446 H. "Mengucapkan terima kasih atas kontribusi dan partisipasi Nahdliyin dalam rukyatul hilal ini," tulis LF PBNU.

Pengumuman tersebut ditandatangani oleh Dr. K.H. Sirril Wafa, MA selaku Ketua LF PBNU dan  H. Asmui Mansur, M.Kom selaku Sekretaris.

Baca Juga

Komentar