Jokowi Lantik 906 Perwira TNI-Polri, 4 Peraih Adhi Makayasa - inews

 

Jokowi Lantik 906 Perwira TNI-Polri, 4 Peraih Adhi Makayasa

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara pengambilan sumpah dan pelantikan 906 calon perwira remaja (Capaja) dari berbagai matra TNI dan Polri di Istana Merdeka, Jakarta. Jokowi menegaskan komitmen para perwira baru untuk mengabdi kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” ujar Presiden membacakan sumpah perwira TNI dan Polri, Selasa (16/7/2024).

Jokowi mengingatkan TNI-Polri harus bekerja untuk mengangkat harkat dan martabat institusinya.

"Bahwa saya akan memimpin anak buah dengan memberi suri tauladan, membangun karsa, serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar. Bahwa saya akan rela berkorban jiwa raga untuk membela nusa dan bangsa," ucap Jokowi diikuti perwira TNI.

Upacara tersebut juga menandai penyerahan Adhi Makayasa kepada empat lulusan terbaik dari masing-masing akademi yakni:

 1. Letnan Dua Infanteri I Made Aditya Wahyu Palguna dari Akmil 


2. Letnan Dua Pelaut Mochamad Irvan Sugianto dari AAL
3. Letnan Dua Penerbang Jofanka Hendhico Arintio dari AAU
4. Inspektur Polisi Dua Theodore Gomgom Octofarrel De Fatima dari Akpol

Adhi Makayasa merupakan penghargaan tahunan yang dianugerahkan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Polri. Penghargaan ini diberikan kepada mereka yang menunjukkan prestasi unggul dalam tiga aspek seperti akademis, fisik, dan kepribadian. 

Tampak hadir dalam acara tersebut beberapa pejabat tinggi negara, termasuk Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Baca Juga

Komentar