Lagi, Pesawat Pengebom Su-34 Rusia Jatuh - inews

 

Lagi, Pesawat Pengebom Su-34 Rusia Jatuh

MOSKOW, iNews.id - Pesawat pengebom Sukhoi Su-34 Rusia jatuh di Wilayah Volgograd, Sabtu (27/7/2024). Jet tempur pengeobom taktis itu sedang menjalankan misi latihan saat jatuh.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia menyatakan dua pilot selamat setelah keluar menggunakan kursi lontar.

"Pesawat Su-34 milik Angkatan Udara Rusia jatuh di Wilayah Volgograd saat melakukan penerbangan latihan terencana. Kru berhasil keluar dari pesawat, tidak mengalami luka yang mengancam nyawa," bunyi pernyataan Kemhan Rusia, dikutip dari Sputinik.

Kemhan memastikan pesawat itu tak membawa amunisi saat jatuh. Tak ada korban maupun kerusakan di darat karena pesawat jatuh di lahan terbuka di tempat terpencil.

Penyelidikan awal mengindikasikan pesawat jatuh akibat kerusakan teknis.

Bulan lalu pesawat serupa jatuh di pegunungan Kaukasus. Semua kru di jet tempur tersebut tewas.

Pesawat jatuh saat menjalani misi latihan rutin. Hasil penyelidikan juga mengungkap pesawat jatuh akibat kerusakan teknis.

Insiden lain melibatkan pesawat tempur ini terjadi pada April 2023. Pilot Su-34 secara tidak sengaja menembakkan senjatanya ke permukiman penduduk di Kota Belgorod, dekat perbatasan dengan Ukraina. Akibatnya dua penduduk terluka.

Kemhan Rusia menyatakan, insiden tersebut merusak beberapa bangunan yang terkena ledakan.

"Saat pesawat angkatan udara Sukhoi Su-34 terbang di atas Kota Belgorod, terjadi pelepasan amunisi secara tidak sengaja," bunyi pernyataan Kemhan Rusia, saat itu.

Kemhan tak menyebutkan jenis senjata atau bom apa yang terlepas dari pesawat pengebom supersonik itu. Namun ledakan yang disebabkannya meninggalkan kawah berukuran diameter 20 meter di jalan utama kota. Empat mobil dan empat bangunan apartemen rusak.

Baca Juga

Komentar