Microsoft Gangguan, Layanan Penerbangan dan Bisnis di Berbagai Negara Terhenti - Kompas

 

Microsoft Gangguan, Layanan Penerbangan dan Bisnis di Berbagai Negara Terhenti

NEW YORK, KOMPAS.com - Maskapai-maskapai penerbangan besar AS memerintahkan pemberhentian penerbangan dengan alasan adanya gangguan komunikasi pada Jumat (19/7/2024).

Sementara maskapai penerbangan lain, perusahaan media, bank, dan perusahaan telekomunikasi di berbagai belahan dunia juga melaporkan pemadaman sistem mengganggu operasi mereka.

American Airlines (AAL.O), Delta Airlines (DAL.N), United Airlines (UAL.O), dan Allegiant Air (ALGT.O), melakukan grounded flight kurang dari satu jam setelah Microsoft mengatakan telah mengatasi gangguan layanan cloud yang berdampak pada beberapa maskapai penerbangan berbiaya rendah.

Baca juga: PC Windows di Seluruh Dunia Alami Error Blue Screen, Ini Sebabnya

Namun, sebagaimana dilansir Reuters, tidak segera jelas apakah seruan untuk menahan penerbangan agar tidak lepas landas tersebut terkait dengan pemadaman cloud Microsoft (MSFT.O) sebelumnya.

Di Australia, media, bank, dan perusahaan telekomunikasi mengalami pemadaman, yang menurut pemerintah tampaknya terkait dengan masalah di perusahaan keamanan siber global Crowdstrike (CRWD.O).

Situs web crowdsourced Downdetector menunjukkan pemadaman sistem di beberapa bank dan perusahaan telekomunikasi.

Crowdstrike mengeluarkan sebuah rekaman pesan telepon pada Jumat ketika Reuters menghubungi dukungan teknisnya,

Mereka mengaku mengetahui adanya laporan kerusakan pada sistem operasi Windows Microsoft yang berkaitan dengan sensor Falcon, tanpa menyebutkan Australia.

"Tidak ada informasi yang menunjukkan bahwa pemadaman tersebut merupakan insiden keamanan siber," kantor Koordinator Keamanan Siber Nasional Australia Michelle McGuinness mengatakan dalam sebuah posting di X.

Baca juga: Microsoft Sebut Rusia Manfaafkan Deepfake Tom Cruise Ganggu Olimpiade Paris

Pemadaman tersebut merembet ke mana-mana, dengan Spanyol melaporkan “insiden komputer” di semua bandaranya.

Sementara Ryanair, maskapai penerbangan terbesar di Eropa berdasarkan jumlah penumpang, memperingatkan para penumpang tentang potensi gangguan yang dikatakannya akan memengaruhi “semua maskapai penerbangan yang beroperasi di seluruh Jaringan”, meskipun tidak menyebutkan secara spesifik sifat gangguan tersebut.

Penyedia layanan cloud AWS mengatakan dalam sebuah pernyataan, mereka “sedang menyelidiki laporan masalah konektivitas ke instance Windows EC2 dan Workspace dalam AWS.”

Tidak segera jelas apakah semua pemadaman yang dilaporkan terkait dengan masalah Crowdstrike atau ada masalah lain yang berperan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar