Profil Xaviera Putri, Peserta Clash of Champions yang Raih Beasiswa dari SMA hingga Kuliah di Korea - Viva

 

Profil Xaviera Putri, Peserta Clash of Champions yang Raih Beasiswa dari SMA hingga Kuliah di Korea

Jumat, 12 Juli 2024 - 00:10 WIB

VIVA – Media sosial baru-baru ini dihebohkan aksi memukau dari seorang mahasiswa bernama Xaviera Putri. Namanya seketika menyedot perhatian dan perbincangan publik, usai bergabung dalam sebuah acara mengedukasi ini.

Clash of Champions sendiri merupakan salah satu acara tempat para mahasiswa berprestasi Indonesia yang diadu kecerdasannya. Di mana setiap episodenya pasti akan banyak pertanyaan-pertanyaan sulit yang sangat menantang dan harus dijawab para peserta.

Xaviera Putri menjadi salah satu peserta yang bergabung dengan tim dari perguruan tinggi luar negeri. Ia mewakili kampusnya, Korean Advanced Institute of Science and Tecnology atau KAIST.

Dalam video yang beredar di berbagai media sosial, salah satunya akun TikTok @elfranrahman ini memperlihatkan kemampuan Xaviera Putri dalam menjawab berbagai hal pertanyaan sulit di sebuah acara yang terinspirasi dari University War tersebut.

Sosoknya yang cerdas dan pintar, seketika membuat sejumlah warganet di media sosial penasaran dengannya. Lantas, siapakan sosok Xaviera Putri? Scroll untuk baca artikel selengkapnya berikut ini:

Biodata Xaviera Putri

Sosok Xaviera semakin dikenal publik berkat partisipasinya dalam ajang University War versi Indonesia. Tidak hanya dikenal karena cerdas dan pintar, Xaviera juga memiliki paras yang menawan dan berhasil meraih peringkat pertama dalam Global Startup, serta mendapatkan publikasi di Jurnal Nasional Korea

Berikut ini ulasan soal biodata maupun profil dari Xaviera Putri.

  • Nama Lengkap: Xaviera Putri Ardianingsih
  • Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 26 Agustus 2001
  • Angkatan Kuliah: 2020
  • Riwayat Pendidikan: Korea Science Academy of KAISTKorea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)
  • Media Sosial

          Instagram: @xavieraaputri

          TikTok: @xavieraaputri

          LinkedIn: xaviputri

          YouTube: @xavieraputrii

Profil Xaviera

Xaviera Putri, peserta Clash of Champions

Pemilik nama lengkap Xaviera Putri Ardianingsih Listyo itu kelahiran Jakarta, 26 Agustus 2001. Jadi kini usia Xaviera Putri baru berusia 23 tahun. Xaviera Putri sempat menyelesaikan pendidikan SMA di Korea Science Scademy of KAIST.

Kemudian setelah lulus SMA, Xaviera melanjutkan studinya di Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST). Menariknya selama perjalanannya menempuh pendidikan di Korea Selatan, Xaviera kerap mendapatkan beasiswa penuh dari pemerintah di sana tepatnya sejak usianya 15 tahun hingga saat ini.

Diketahui, jauh sebelum viral gegara ikuti Clash of Championship ini, Xaviera dikenal aktif sebagai konten kreator di media sosial. Dan berbagai konten-konten miliknya kerap menyedot perhatian warganet.

Gemar Matematika Sejak Kecil

Siapa yang menyangka jika anak ketiga dari tiga bersaudara ini sejak kecil mengaku sudah gemar dengan matematika. Jika pada umumnya banyak yang menghindari, ia justru menyukai sejak dirinya kecil.

Kegemarannya itu pun membawanya mengikuti olimpiade sains dan matematika, hingga menjadi awal Xaviera direkomendasikan oleh guru untuk mendapatkan beasiswa SMA di Korea.

Raih Beasiswa

Pada 2017, Xaviera berhasil masuk ke Korea Science Academy of KAIST. Di sana ia mendapatkan beasiswa penuh selama tiga tahun dan pergi merantau menempuh Pendidikan SMA di Korea Science Academy of KAIST pada usia 15 tahun.

Kemudian setelah Xaviera lulus dari sekolah ternama di Korea Selatan, adik ipar CEO Ruangguru Belva Devara ini melanjutkan pendidikan sarjana di Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dengan mengambil dua jurusan sekaligus atau double major.

Di mana, dua jurusan yang diambilnya itu adalah Computer Science and Business Technology Management. Selama berkuliah, Xaviera aktif di berbagai aktivitas, seperti menjadi ketua dari KAIST Indonesia dan beberapa kali magang di perusahaan Korea mulai dari Piloto hingga Institute for Basic Science (IBS).

Prestasi Xaviera

Meskipun menempuh pendidikan di luar negeri, ternyata Xaviera mengambil double major di KAIST, jurusan Computer Science dan Business Technology Management. 

KAIST dikenal sebagai MIT-nya Korea Selatan. Sosoknya yang cerdas ini juga aktif mengikuti berbagai lomba internasional dan berhasil memenangkan beberapa di antaranya;

  • Juara 1 DCAMP Global Startup Match 2022
  • Juara 1 SAP University Alliance Challenge 2022
  • Juara 1 International Debate: PIONEERS 2017
  • Penerima beasiswa KAIST
  • KSA of KAIST Scholarship Awardee 2017-2019
  • KAIST Scholarship Awardee 2020-2024
  • Academic Honors di Korea Science Academy of KAIST

Seorang Konten Kreator dan Penulis

Mungkin tak banyak yang tahu, jauh dirinya bergabung di Clash of Champions ini Xaviera juga sudah aktif dan berkecimpung sebagai seorang konten kreator. Kanal YouTube-nya hampir mencapai 200.000 subscribers, akun TikTok-nya telah diikuti lebih dari 200.000 pengguna, dan pengikut Instagramnya sudah lebih dari 500.000.

Jadi Trending Topic

Nama Xaviera Putri baru-baru ini sempat menjadi trending topic di aplikasi X (Twitter). Hal tersebut tentu tak lepas dari penampilannya di Clash of Champions yang disorot publik.

Sebagai informasi, program acara tersebut mempertemukan mahasiswa-mahasiswa berprestasi dari berbagai negara untuk berkompetisi dalam berbagai tantangan akademik dan non-akademik. Dengan prestasi akademik dan non akademiknya membuat Xaviera mencuri perhatian banyak orang.

Kini Xaviera Putri pun menjadi contoh inspiratif anak muda Indonesia untuk bisa menempuh pendidikan di luar negeri dan meraih kesuksesan di berbagai bidang dengan kerja keras.

Baca artikel VIVA Trending menarik lainnya di tautan ini.

Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka Eman Suherman.

Eman Suherman Dorong Generasi Muda Majalengka Tingkatkan Potensi di Dunia Kerja

Program pelatihan menjadi kesempatan bagi generasi muda agar bisa mandiri dan berprestasi.

img_title

VIVA.co.id

11 Juli 2024

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antaranews

Opsi Informasi