Respons Kemlu soal 5 Nahdliyin Bertemu Presiden Israel - inews

 

Respons Kemlu soal 5 Nahdliyin Bertemu Presiden Israel

JAKARTA, iNews.id - Pertemuan lima nahdliyin dengan Presiden IsraelIsaac Herzog menuai kontroversi. Terkait hal itu, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) enggan memberikan komentar.

Juru Bicara Kemlu Roy Rolliansyah Soemirat menyatakan, kunjungan itu tidak terkait dengan posisi resmi Pemerintah Republik Indonesia. 

"Kemlu tidak dalam posisi untuk memberikan komentar terkait kunjungan tersebut, yang memang tidak terkait dalam bentuk apa pun dengan posisi resmi Pemerintah RI," kata Roy, Senin (15/7/2024).

Sebelumnya, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendalami lima nahdliyin yang mengunjungi Israel dan bertemu Presiden Isaac Herzog. Kelimanya segara dipanggil untuk diklarifikasi.

“Yang bersangkutan akan dipanggil untuk dimintai keterangan dan penjelasan lebih dalam tentang maksud tujuannya, latar belakang dan siapa yang memberangkatkan serta hal-hal prinsip lainnya,” ujar Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, Senin (15/7/2024).

Dia menyatakan, pihaknya juga akan memanggil pimpinan badan otonom (banom) NU serta lembaga tempat kelima orang tersebut mengabdi.

Gus Ipul menyatakan, kelimanya berpotensi diberhentikan dari pengurus lembaga atau banom apabila terbukti melanggar ketentuan organisasi.

Baca Juga

Komentar