Riset Reuters, tvOneNews.com Geser CNN hingga TVRI sebagai Media Berita Paling Terpercaya di Indonesia Tahun 2024 - TvOnenews

 

Riset Reuters, tvOneNews.com Geser CNN hingga TVRI sebagai Media Berita Paling Terpercaya di Indonesia Tahun 2024

Jakarta, tvOnenews.com - Kepercayaan masyarakat terhada sebuah pemberitaan menjadi hal paling prestisius yang menentukan reputasi dalam industri media.

Berdasarkan riset terbaru Reuters Institute Study for Journalism bertajuk Digital News Report 2024, mengumumkan sejumlah media online Indonesia yang paling dipercaya masyarakat tahun 2024.

Dari sekian banyak platform berita, tvOneNews.com berhasil menempati posisi keempat sebagai media berita paling populer dan dipercaya masyarakat Indonesia.

tvOnenews.com merangsek naik dengan tingkat kepercayaan 26% dari seluruh responden Reuters yang mengakses situs berita.

Posisi ini naik signifikan menggeser sejumlah media-media besar lain yang pada tahun 2023 lalu berada di papan atas seperti CNN Indonesia, TVRI, SCTV (Liputan 6), bahkan Tempo.

Sebab berdasarkan Reuters Institute Digital News Report 2023, tvOnenews.com tahun lalu masih berada di posisi ke-7

Saat ini, posisi teratas dipimpin Detik.com dengan tingkat kepercayaan 50% responden, diikuti oleh Kompas.com dengan 39% dan Tribunnews dengan 28%. 

Sementara itu, CNN Indonesia yang tahun lalu masih menempati posisi kedua kini tergeser ke tempat kelima di bawah tvOneNews.com, dengan tingkat kepercayaan 25%.

Posisi keenam ditempati oleh Liputan 6 dengan 22% responden, diikuti oleh Metro TV News online (22%), Kumparan.com (17%), Tempo.co (15%), dan Seputar Indonesia News atau SINDOnews (13%).

Capaian tvOnenews.com tahun 2024 ini tentu dapat menjadi cermin bahwa media ini terus bertumbuh pesat dan meraih kepercayaan.

Namun demikian, meski media online masih menjadi sumber berita utama bagi banyak orang, tim riset Reuters mengungkap bahwa orang Indonesia cenderung menggunakan media sosial sebagai platform untuk membaca berita. Tren ini semakin terlihat saat memasuki Pemilu 2024 pada Februari lalu.

Selain perubahan dalam kebiasaan konsumsi berita, tim riset juga mengungkapkan tantangan yang dihadapi oleh media tradisional di Indonesia.

Penurunan pendapatan iklan dan persaingan dari situs belanja daring seperti Shopee dan Tokopedia menjadi salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap kesulitan tersebut.

Berpacu dengan “banjir bandang” informasi dari media sosial

Berdasarkan riset Reuters, platform media sosial seperti WhatsApp, YouTube, Facebook, dan Instagram sangat populer di kalangan pengguna di Indonesia.

Reuters mencatat bahwa 60% orang Indonesia melaporkan mendapatkan berita dari platform media sosial.

Dari jumlah tersebut, TikTok khususnya memperoleh popularitas sebagai sumber berita, melonjak 7 poin persentase dari 22 menjadi 29%.

WhatsApp terus mendominasi sebagai platform media sosial secara keseluruhan untuk penggunaan apa pun.

"Karena popularitas media sosial sebagai sumber berita, banyak perhatian telah diarahkan pada perannya dalam menyebarkan disinformasi, propaganda politik, 'hoaks', dan ujaran kebencian," kata Janet Steele, Profesor Media dari George Washington University dalam laporan Reuters.

Janet memberi contoh, COVID-19 telah menyebabkan banjir misinformasi luar biasa. Hal itulah yang membuat pemilihan presiden juga menimbulkan kekhawatiran luas mengenai penggunaan akun otomatis dan komentator berbayar, yang secara lokal dikenal sebagai 'buzzer', untuk mempromosikan berbagai kepentingan politik.

Di tengah 'banjir bandang' informasi tersebut, tvOnenews.com terus berupaya fokus menjadi portal berita yang menampilkan berbagai peristiwa paling aktual dengan cepat, dikemas dengan lengkap dan akurat.

Gaya jurnalisme lugas, apa adanya, namun tetap “netral” dan tidak tendius serta menggunakan bahasa yang hidup, plastis, tidak bertabur eufimisme menjadi ikhitiar tvOnenews.com untuk terus bersaing dalam era jurnalisme digital dewasa ini.

Dengan gaya ini, tvOnenews.com melayani konsumen muda pembaca yang jumlahnya semakin membesar, yang secara serentak mengakses informasi dari berbagai platform. 

Survei Reuters tersebut melibatkan 2.008 responden dari Indonesia dan dilakukan oleh YouGov menggunakan kuesioner daring pada akhir Januari hingga awal Februari 2024.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan dinamika yang terjadi dalam lanskap media di Indonesia dan peran penting tvOneNews.com sebagai salah satu sumber berita terpercaya bagi masyarakat.(rpi)

Baca Juga

Komentar