Terbongkar, Ternyata Jerman Sudah Transfer 100 Rudal dan Lusinan Tank Leopard ke Ukraina - Viva

 

Terbongkar, Ternyata Jerman Sudah Transfer 100 Rudal dan Lusinan Tank Leopard ke Ukraina

Senin, 15 Juli 2024 - 18:55 WIB

VIVA  – Secara diam-diam Jerman ternyata sudah mengirim sejumlah besar senjatanya ke Ukraina. Beberapa di antaranya adalah ratusan rudal MIM-104 Patriot buatan Amerika Serikat (AS) dan lusinan Tank Tempur Utama (MBT) Leopard 2.

Dalam laporan yang dilansir VIVA Militer dari Defense Express, transfer paket 100 unit rudal anti-pesawat diumumkan oleh Kepala Staf Perencanaam dan Komando Kementerian Pertahanan Federal Jerman, Mayor Jenderal Christian Freuding, Senin 15 Juli 2024.

Sekitar 32 rudal diklaim sudah diterbangkan ke Kiev. Langkah ini juga disebut Freuding diikuti oleh negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) lainnya, yakni Belanda, Denmark dan Norwegia.

Pemindahan seluruh unit rudal Patriot dari Jerman ke Ukraina, diprediksi akan memakan waktu lebih dari satu bulan. Meski diyakini adalah rudal Patriot, Jenis pasti dari 100 rudal tambahan tersebut masih belum disebutkan.

VIVA Militer: Tank Tempur Utama (MBT) Leopard 2

Namun demikian, sejumlah media Barat berspekulasi bahwa rudal tersebut kemungkinan adalah rudal GEM-T, yang dirancang untuk mencegat target non-balistik.

Pengiriman ini memenuhi janji yang disampaikan Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius pada 11 Juni 2024 lalu.

  Saat itu, Pistorius melakukan sesi konferensi pers bersama dengan Presiden Ukraina,Volodymyr Zelenski, di pangkalan militer Grup Rudal Permukaan-ke-Udara Bundeswehr ke-21. 

Pengiriman paket rudal pertahanan udara dari Jerman dan sekutunya ke Ukraina, diyakini mencapai nilai sekitar US$500 juta (Rp8,09 triliun) hingga US$600 juta (Rp9,7 triliun).

VIVA Militer: Kendaraan tempur lapis baja Marder

Di sisi lain, Jerman juga disebut telah mendatangkan sekitar 39 unit Tank Tempur Utama Leopard 2, dan M104 HIMARS (Sistem Artileri Roket Mobilitas Tinggi), pada awal Juni atau Juli 2024.

Menurut laporan yang dikutip VIVA Militer media Jerman, Merkur,  kiriman alat utama sistem persenjataan awal di antaranya adalah 10 unit tank Leopard dan 20 unit kendaraan tempur infanteri lapis baja Marder. 

Dengan tambahan tersebut, menjadikan jumlah kendaraan Marder yang dipasok Jerman untuk perang di Ukraina menjadi 120 unit. Sementara, jumlah tank Leopard yang mencapai 50 unit hingga saat ini.

Porsche Experience Center Singapura

Porsche Kirim Lebih dari 155 Ribu Unit Mobil Pada Semester Pertama 2024

Pabrikan mobil mewah asal Jerman, Porsche mencatatkan penjualan retail sebanyak 155.945 unit kendaraan di seluruh dunia pada Januari sampai Juni 2024.

img_title

VIVA.co.id

15 Juli 2024

Baca Juga

Komentar

Artikel populer - Google Berita