Gaza Laporkan Kasus Polio Pertama, Menimpa Bayi Usia 10 Bulan - CNN Indonesia

 

Gaza Laporkan Kasus Polio Pertama, Menimpa Bayi Usia 10 Bulan

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Kementerian Kesehatan Palestina mengumumkan menemukan kasus polio pertama di Gaza yang menjangkit bayi berusia 10 bulan pada Jumat (16/8).

Diketahui, anak tersebut belum menerima dosis vaksin polio.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan NBC News, Sabtu (17/8), pemerintah akan melaksanakan kampanye vaksinasi dalam beberapa hari mendatang yang menargetkan anak-anak di bawah usia 10 tahun.

Awalnya, virus polio tersebut ditemukan dalam sampel air limbah di Gaza. Namun, setelah melakukan pengujian, virus tersebut ditemukan pada anak-anak.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF pun menyerukan jeda tujuh hari dalam perang di Gaza yang dimulai pada akhir Agustus untuk memberikan vaksin polio kepada 640 ribu anak Palestina.

WHO mengatakan pada Jumat bahwa kampanye vaksinasi akan berlangsung dalam dua putaran, yakni Agustus dan September.

Dalam setiap vaksin, anak-anak di bawah usia 10 tahun akan diberikan dua tetes vaksin oral untuk melawan virus polio tipe 2.

WHO mengatakan, varian tipe 2 ditemukan pada pertengahan Juli dalam sampel air limbah dari Khan Younis selatan dan Deir al-Balah tengah. Penemuan ini dikaitkan dengan varian virus polio yang terakhir kali terdeteksi di Mesir pada 2023.

WHO mengatakan, lebih dari 1,6 juta dosis vaksin polio dan peralatan untuk menjaga vaksin tetap dingin diharapkan akan transit melalui Bandara Ben Gurion di Israel sebelum tiba di Jalur Gaza pada akhir Agustus, tepat waktu untuk dimulainya kampanye vaksinasi.

Selama setiap putaran kampanye, WHO mengatakan setidaknya 95 persen anak-anak perlu divaksinasi untuk mencegah penyebaran polio dan mengurangi risiko kemunculannya kembali.

(lid/asr)

Baca Juga

Komentar