Malaysia Gelar Festival Durian Megah, Harga Musang King Cuma Rp35 Ribu - CNN Indonesia

 

Malaysia Gelar Festival Durian Megah, Harga Musang King Cuma Rp35 Ribu

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Acara festival durian besar-besaran pertama di Malaysia pada Sabtu (17/8) berjalan sukses setelah sebanyak 5.000 kg durian laku terjual dalam 5 jam.

Festival yang berlangsung di KL East Mall di Kuala Lumpur tersebut dianggap membuat harga durian lebih terjangkau di tengah tantangan ekonomi yang terjadi di negara itu.

Bahkan, harga durian jenis Musang King premium yang tersedia dalam festival itu hanya 9,99 ringgit atau sekitar Rp35 ribu per kg. Padahal, harga durian Musang King di Indonesia pada platform marketplace, berada di angkaRp175.000-Rp460.000per kg.

Fuziah Salleh, Wakil Menteri Perdagangan Dalam Negeri dan Biaya Hidup Malaysia, memuji festival durian ini, karena memberikan manfaat bagi pedagang dan konsumen.

"Masyarakat dapat menikmati hasil bumi segar langsung dari perkebunan dengan harga yang lebih rendah," kata Fuziah Salleh, seperti dilansir VN Express, Senin (19/8).

"Inisiatif ini tidak hanya meringankan beban masyarakat tetapi juga memungkinkan mereka menikmati buah-buahan lokal, sementara pemerintah mengatasi meningkatnya biaya hidup," tambahnya.

Fuziah mendorong gerai lain untuk mengadakan acara festival serupa agar produk berkualitas lebih mudah diakses dengan harga lebih rendah.

Loke Kah Peng, pendiri eksportir dan pengecer Agro Best Services, menyebutkan bahwa buah-buahan tersebut berasal dari tiga perkebunan lokal di Raub.

Dia menekankan bahwa kolaborasi tersebut bertepatan dengan Hari Nasional Malaysia yang jatuh pada tanggal 31 Agustus. Festival ini juga bertujuan membantu masyarakat mengurangi pengeluaran sehari-hari mereka.

Joseph Teoh, Chief Marketing Officer Jaya Grocer, senang dengan jumlah pengunjung dan penjualan dalam Festival Durian Malaysia, dan menyarankan perluasan inisiatif di masa mendatang.

"Kami senang dengan tanggapannya dan berencana untuk menjadikan pesta durian ini sebagai acara rutin di seluruh Malaysia," tutur Teoh.

(wiw)

Baca Juga

Komentar