Timnas U-20 Bikin Kejutan dengan Menundukkan Argentina - medcom

 

Timnas U-20 Bikin Kejutan dengan Menundukkan Argentina

Jakarta: Timnas Indonesia U-20 membuat kejutan di laga pertama turnamen Seoul Earth on Us Cup 2024 yang berlangsung di Korea Selatan, Rabu 28 Agustus siang WIB. Saat itu, Argentina sebagai lawannya, mampu mereka kalahkan dengan skor 2-1. 

Jalannya pertandingan berlangsung menarik di Mokdong Stadium, Seoul. Timnas U-20 sempat tampil kurang meyakinkan pada babak pertama karena kebobolan lebih dulu oleh gol yang dicetak Mirko Juarez setelah menanduk umpan tendangan sudut rekannya.

Tapi ketika memainkan babak kedua, Garuda Nusantara terpantau tampil lebih berani dan kerap merepotkan lini belakangan Argentina. Bahkan pada menit ke-63, Indonesia punya peluang emas melalui tendangan keras Dony Tri Pamungkas yang ditepis kiper Argentina Lucas Sebastian.

Permainan keras dan sejumlah pelanggaran terpaksa dilakukan para pemain Argentina ketika menjaga lini pertahanannya pada pertengahan babak kedua. Tapi upaya tersebut tampak sia-sia karena Garuda Nusantara tetap gigih dan bisa menembusnya.

Baca juga: Timnas U-20 tidak Takut Melawan Argentina

Gol penyeimbang timnas U-20 mulai dicetak oleh Kadek Arel setelah menanduk umpan tendangan bebas Maouri Ananda Yves Ramli Simon pada menit ke-75. Berselang tiga menit kemudian, Indonesia berbalik unggul lewat tendangan penalti Maouri Ananda karena Muhammad Ragil dijatuhkan kiper Argentina di kotak terlarang.

Situasi tertinggal membuat Argentina tampil lebih agresif dan melanjutkan permainan keras. Namun, timnas U-20 yang terkurung tak gentar mempertahankan keunggulan 2-1 hingga peluit panjang berbunyi. 

Saking panasnya laga pada menit-menit akhir, wasit juga sempat mengeluarkan kartu kuning untuk pelatih Argentina U-20 dan kartu merah kepada ofisial tim Argentina yang memprotes keras wasit.

Usai melawan Argentina, Indonesia akan bentrok dengan Thailand (30 Agustus) dan tuan rumah Korsel (1 September). Selanjutnya, pasukan Garuda Nusantara diagendakan kembali menjalani TC di Jakarta untuk menyambut ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 pada 25-29 September mendatang. 

Keikutsertaan timnas U-20 di turnamen Seoul Earth on Us Cup 2024 merupakan rangkaian kegiatan pemusatan latihan (TC) Garuda Nusantara yang sudah berlangsung di Korea Selatan (Korsel) sekitar sepekan. Usai melawan Argentina, Indonesia akan bentrok dengan Thailand (30 Agustus) dan tuan rumah Korsel (1 September).

Baca Juga

Komentar