Ukraina Klaim Sukses Bangun Zona Penyangga, Rusia Makin Tak Berdaya? | Sindo news

 

Ukraina Klaim Sukses Bangun Zona Penyangga, Rusia Makin Tak Berdaya? | Halaman Lengkap

Ukraina mengklaim sukses membangun zona penyangga. Foto/AP

MOSKOW 

- Moskow mengatakan

Ukraina 

telah menyerang dan merusak jembatan ketiga di wilayah Kursk saat pasukan Kyiv berupaya memperluas serangannya di wilayah Rusia.

Komite Investigasi Rusia pada Senin (19/8/2024) mengonfirmasi serangan terhadap jembatan yang terletak di sepanjang Sungai Seym, yang berkelok-kelok melewati Kursk.

Dalam tanda eskalasi lainnya pada hari Senin, Rusia mengatakan marinirnya menangkap sekelompok 19 tentara Ukraina di wilayah tersebut, kantor berita negara RIA Novosti melaporkan. Media tersebut menggambarkan orang Ukraina sebagai "penyabotase".

RIA memposting apa yang dikatakannya sebagai video pasukan yang ditangkap. Video tersebut tidak dapat dikonfirmasi secara independen.

Meskipun ada kemajuan di wilayah Kursk Rusia, pasukan Ukraina berada dalam posisi bertahan di dekat kota strategis timur Pokrovsk, tempat Rusia terus maju dalam beberapa minggu terakhir.

Kota tersebut, yang berpenduduk sekitar 60.000 jiwa sebelum perang, merupakan pusat transportasi penting bagi jalur pasokan Ukraina di sebagian besar wilayah Donbas timur.

Menurut Serhiy Dobriak, kepala administrasi militer setempat, pasukan Rusia kini berada sekitar 10 km (6 mil) dari pinggiran kota.

Dalam komentarnya kepada media Ukraina pada hari Senin, ia mengatakan hingga 600 orang meninggalkan kota setiap hari, dan layanan kota dapat diputus dalam waktu seminggu karena pasukan Rusia semakin mendekat.

Pada hari Minggu, Ukraina mengatakan telah menghancurkan jembatan kedua di Sungai Seym.

Serangan terhadap jembatan-jembatan di kawasan itu dalam hitungan hari terjadi saat Ukraina melancarkan serangan lintas perbatasan yang dimulai pada 6 Agustus.

Pada hari Jumat, Ukraina mengatakan telah menyerang sebuah jembatan di kota Glushkovo, Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memuji serangan itu dan menyatakan tujuannya untuk pertama kalinya.

“Sekarang tugas utama kami dalam operasi pertahanan secara keseluruhan: menghancurkan potensi perang Rusia sebanyak mungkin dan melakukan tindakan serangan balik yang maksimal. Ini termasuk menciptakan zona penyangga di wilayah penyerang,” katanya dalam pidato malamnya pada hari Minggu.

Baca Juga

Ukraina Awalnya Merahasiakan Invasi ke Kursk dari Barat, Berikut 3 Pemicunya

Zona penyangga yang diharapkan pasukan Ukraina untuk diciptakan adalah “agar Rusia tidak bisa mendekati perbatasan terlalu dekat dan menggunakan artileri dan serangan udara di sana”, katanya.

Pada hari Senin, Zelenskyy mengklaim Ukraina mencapai tujuannya dalam serangan dua minggunya.

Menurut situs berita Mash Rusia, serangan itu hanya menyisakan satu jembatan di daerah itu yang utuh, yang berpotensi mempersulit upaya Moskow untuk mengisi kembali pasukannya dan mengevakuasi warga sipil.

Serangan itu dimulai dengan tank dan kendaraan lapis baja lainnya, serangan terbesar terhadap Rusia sejak Perang Dunia II.

Kepala militer Ukraina, Oleksandr Syrskii, mengklaim minggu lalu bahwa pasukannya telah maju melintasi 1.000 km persegi (390 mil persegi) Kursk, meskipun tidak mungkin untuk memverifikasi secara independen sejauh mana kendalinya.

Zelenskyy telah mendesak sekutu Kyiv untuk mencabut pembatasan yang tersisa pada penggunaan senjata Barat pada target yang lebih dalam di Rusia, termasuk di Kursk, dengan mengatakan pasukannya dapat merampas "kemampuan apa pun bagi Moskow untuk maju dan menyebabkan kehancuran" jika diberi kemampuan jarak jauh yang memadai.

Ukraina mengatakan pangkalan-pangkalan di dalam Rusia telah digunakan untuk melancarkan serangan jarak jauh terhadap kota-kota dan infrastruktur energi Ukraina, yang menyebabkan kerusakan dan korban yang signifikan.

Pada hari Minggu, Moskow menargetkan Kyiv dengan rudal balistik untuk ketiga kalinya bulan ini, menurut para pejabat.

Zelenskyy mengatakan Rusia telah meluncurkan lebih dari 40 rudal, 750 bom udara berpemandu, dan 200 pesawat nirawak serang terhadap desa-desa dan kota-kota Ukraina dalam seminggu terakhir saja.

"Kami mendengar ada beberapa kerusakan [di wilayah Kyiv] sebagian besar dari proyektil yang jatuh karena pertahanan udara telah mencegat rudal dan pesawat nirawak yang masuk, tetapi kerusakannya minimal," kata Gatopoulos dari Al Jazeera.

"Ini adalah hal yang sedang berlangsung, terjadi hampir setiap hari. Namun, jika mereka berhasil menembus, akan ada kerusakan yang signifikan di darat juga."

Lihat Juga: Pesawat Nirawak Ukraina Serang Fasilitas Minyak Rusia, Picu Kebakaran Hebat

(ahm)

Baca Juga

Komentar