WHO Eropa khawatir mpox, desak negara anggota tingkatkan pengawasan - ANTARA News

 

WHO Eropa khawatir mpox, desak negara anggota tingkatkan pengawasan - ANTARA News

London (ANTARA) - Direktur regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Eropa Hans Kluge memperingatkan pada Kamis (15/8) bahwa mpox dapat menyebar ke negara-negara lain setelah Swedia mengonfirmasi kasus pertama virus menular di luar Afrika.

Swedia pada Kamis melaporkan kasus pertama varian mpox yang lebih menular di luar Afrika, hanya sehari setelah WHO menyatakan penyakit virus menular tersebut sebagai "Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia."

"Seperti yang telah kami catat sebelumnya, hanya masalah waktu sebelum mpox klade I -- yang tampaknya lebih parah daripada klade II -- terdeteksi di wilayah @WHO lainnya, mengingat dunia kita yang saling terhubung," Kluge memperingatkan di platform X.

Mengingat kasus mpox yang dikonfirmasi oleh otoritas Swedia, dia mengatakan orang yang terinfeksi sedang dirawat karena gejalanya dan bahwa tindakan kesehatan masyarakat standar, termasuk isolasi pasien dan pelacakan kontak, sedang dilaksanakan.

"Sekali lagi, WHO/Eropa mendesak ke-53 Negara Anggota kami di seluruh Eropa dan Asia Tengah untuk meningkatkan pengawasan guna mendeteksi mpox, mengeluarkan saran kesehatan masyarakat yang tepat, dan memperkuat akses terhadap vaksin dan antivirus," tambah Kluge.

Sejak awal 2024, lebih dari selusin negara Afrika telah melaporkan penyakit tersebut, yang ditularkan melalui kontak dekat, dengan Republik Demokratik Kongo yang menyumbang lebih dari 90 persen kasus yang dilaporkan.

Menurut WHO, mpox menyebabkan ruam dan gejala seperti flu.

Sumber: Anadolu

Baca juga: WHO nyatakan Mpox darurat kesehatan yang resahkan dunia
Baca juga: Dirjen WHO akan gelar pertemuan komite darurat bahas skala wabah Mpox

Merebaknya penyakit kulit anak-anak Gaza di tengah kelangkaan air

Baca Juga

Komentar