42 Bencana Melanda RI Sepekan, Paling Banyak Karhutla - inews

 

42 Bencana Melanda RI Sepekan, Paling Banyak Karhutla

JAKARTA, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 42 kejadian bencana melanda Indonesia sepekan terakhir pada 2-8 September 2024. Kejadian bencana paling banyak yakni kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Seminggu kemarin ada 42 kali kejadian bencana, masih tetap karhutla, kebakaran hutan dan lahan paling signifikan,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam Disaster Briefing, Senin (9/9/2024).

Aam sapaan Abdul Muhari mengatakan bahwa saat ini kejadian bencana banjir dan tanah longsor mulai meningkat seiring wilayah yang mengalami hujan. Sedangkan sebaran kejadian kekeringan dan kebakaran hutan paling meningkat yakni di Jawa dan Bali. 

“Jadi kalau biasanya di fase kemarau ini kita menghadapi karhutla itu biasanya itu karhut ya, kebakaran hutan, sekarang lebih banyak kebakaran lahan," katanya.

Aam mengungkapkan kebakaran lahan paling banyak terjadi di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

“Jadi kalau misalkan ada pemicu apakah itu puntung rokok kemudian pembakaran sampah yang tidak termonitor itu akan sangat mudah sekali untuk menyebabkan kebakaran lahan di Pulau Jawa, meskipun tentu saja kalau kebakaran lahan ini tidak seperti kebakaran lahan gambut ya,” pungkasnya. 

Baca Juga

Komentar