Arab Bersatu setelah Ledakan Pager Hizbullah, 4 Negara Kirim Bantuan ke Lebanon | Sindo news

 

Arab Bersatu setelah Ledakan Pager Hizbullah, 4 Negara Kirim Bantuan ke Lebanon | Halaman Lengkap

Negara-negara Arab mengirimkan bantuan kepada Lebanon karena ledakan pager Hizbullah. Foto/AP

BEIRUT 

- Ledakan pager yang dijadikan alat komunikasi pejuang

Hizbullah 

membuat beberapa negara Arab bersatu. Mereka mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada Lebanon.

Itu dikarenakan Lebanon merupakan negara yang terlibat langsung dalam perang dengan Israel. Pasalnya, pejuang Hizbullah kerap meluncurkan serangan ke wilayah Israel.


1. Irak

Arab Bersatu setelah Ledakan Pager Hizbullah, 4 Negara Kirim Bantuan ke Lebanon

Foto/AP

Kataib Hezbollah, kelompok bersenjata terkemuka yang didukung Iran di Irak, telah menawarkan dukungan kepada Hizbullah Lebanon setelah serangan pager pada hari Selasa.

“Kami … menyerahkan semua kemampuan kami kepada saudara-saudara kami di Lebanon, dan kami sepenuhnya siap untuk mendampingi mereka sampai akhir, mengirimkan pejuang dan peralatan serta dukungan, baik di tingkat teknis maupun logistik,” kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan, dilansir Al Monitor.


2. Yordania

Arab Bersatu setelah Ledakan Pager Hizbullah, 4 Negara Kirim Bantuan ke Lebanon

Foto/AP

Yordania telah menawarkan untuk menyediakan bantuan medis apa pun yang dibutuhkan untuk "mengobati ribuan warga Lebanon yang terluka dalam pengeboman massal di Lebanon," kata Kementerian Luar Negeri Yordania dalam sebuah pernyataan di X.

Pernyataan tersebut mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri sementara Yordania Ayman Safadi telah menelepon Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati untuk menawarkan dukungan Yordania bagi "keamanan, kedaulatan, dan stabilitas Lebanon", setelah serangan yang menyebabkan ratusan pager meledak di Beirut dan wilayah lain di Lebanon.

Safadi juga menekankan perlunya menghentikan "eskalasi berbahaya" di wilayah tersebut, dengan segera mengakhiri "agresi Israel di Gaza dan eskalasi di Tepi Barat", pernyataan tersebut menambahkan.

Baca Juga

Sistem Pager Dilumpuhkan Israel, Akankah Hizbullah Lancarkan Perang Baru di Timur Tengah?


3. Mesir

Arab Bersatu setelah Ledakan Pager Hizbullah, 4 Negara Kirim Bantuan ke Lebanon

Foto/AP

Menteri Luar Negeri Mesir Badr Abdelatty telah menawarkan bantuan kepada rakyat Lebanon dan menegaskan "dukungan teguh" Kairo kepada Lebanon setelah serangan pager yang mematikan pada hari Selasa.

Ia menyampaikan komentar tersebut selama panggilan telepon terpisah dengan Perdana Menteri Najib Mikati dan Menteri Luar Negeri Abdallah Bouhabib, menurut surat kabar Al Ahram Mesir.

Menteri tersebut menyampaikan komitmen Presiden Abdel Fattah el-Sisi terhadap keamanan dan stabilitas Lebanon dan penolakannya terhadap pelanggaran kedaulatan negara oleh pihak eksternal mana pun, Al Ahram melaporkan.


4. Iran

Arab Bersatu setelah Ledakan Pager Hizbullah, 4 Negara Kirim Bantuan ke Lebanon

Foto/AP

Delegasi bantuan medis dari Bulan Sabit Merah Iran telah tiba di Lebanon untuk membantu mereka yang terluka akibat serangan pager kemarin, media lokal Iran melaporkan.

Menurut Kantor Berita Tasnim Iran, tim bantuan tersebut meliputi presiden Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran, 12 dokter, dan 12 perawat dan paramedis.

Ledakan pager menewaskan sedikitnya sembilan orang dan melukai 2.750 lainnya, termasuk seorang gadis muda. Sedikitnya 200 dari mereka yang terluka berada dalam kondisi kritis.

Lihat Juga: Houthi Akan Kirim Ribuan Pejuang ke Lebanon Jika Pecah Perang dengan Israel

(ahm)

Baca Juga

Komentar