BREAKING NEWS: KKB Papua Akhirnya Lepas Pilot Susi Air Kapten Philip, Setelah Disandera 1,5 Tahun - Wartakotalive

 

BREAKING NEWS: KKB Papua Akhirnya Lepas Pilot Susi Air Kapten Philip, Setelah Disandera 1,5 Tahun - Wartakotalive

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens, akhirnya dibebaskan usai disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah Nduga selama 1,5 tahun.

Hal tersebut merupakan berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah Republik Indonesia untuk membebaskan Kapten Philip.

Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Faizal Ramadhani menuturkan, Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 selama ini mengedepankan upaya soft approach daripada hard approach.

"Ya benar, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya," ujar Faizal, dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/9/2024).

Baca juga: Presiden Jokowi Langsung Pimpin Rapat di Papua untuk Bebaskan Pilot Susi Air

Baca juga: Tegas! Mahfud MD Larang Campur Tangan Asing Dalam Kasus Pilot Susi Air

"Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri," sambungnya.

Adapun pada Sabtu ini Kapten Philip berhasil dijemput Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024.

Kapten Philip berhasil dibebaskan dan dijemput tim gabungan bertempat di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Nduga dan langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika.

"Ya benar sekali, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika," ucap Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 Kombes Bayu Suseno.

Selanjutnya Kapten Philip langsung dibawa ke ruangan khusus guna dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologis Pilot Philip dalam keadaan stabil.

Berdasarkan foto yang didapat Wartakotalive.com, tampak Kapten Philip mengenakan kaus hijau tua serta kalung dan gelang.

Ia yang mengenakan celana pendek dan kaus kaki warna hijau tampak duduk bersama dengan Satgas Damai Cartenz dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). 

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News

Ikuti saluran WartaKotaLive.Com di WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaYZ6CQFsn0dfcPLvk09

Sumber: Warta Kota

Baca Juga

Komentar