Datangi Pangkalan Udara Ramat David, Menteri Keamanan Israel: Fokus Perang Kini ke Hizbullah - TribunNews

 

Datangi Pangkalan Udara Ramat David, Menteri Keamanan Israel: Fokus Perang Kini ke Hizbullah - TribunNews

Datangi Pangkalan Udara Ramat David, Menteri Keamanan Israel: Fokus Perang Kini ke Hizbullah

TRIBUNNEWS.COM - Israel mengalihkan kekuatan militernya ke wilayah utara negara pendudukan itu untuk fokus pada Hizbullah.

Hal itu dinyatakan Menteri Pertahanan Yoav Gallant pada Rabu (18/9/2024), setelah ribuan pager dan radio milik kelompok paramiliter Lebanon diledakkan dalam operasi yang tampaknya dilakukan Israel.

Baca juga: Ledakan Massal Pager di Lebanon, Serangan Kepagian Israel ke Hizbullah Karena Ketahuan Duluan

Berbicara kepada pasukan di Pangkalan Udara Ramat David dekat Haifa, Gallant mengatakan kalau "fase baru" perang Israel yang berlangsung hampir setahun telah dimulai, kali ini berfokus pada Hizbullah ketimbang Hamas.

"Pusat gravitasi bergerak ke utara. Kami mengalihkan kekuatan, sumber daya, dan energi ke utara," katanya, menurut pernyataan yang dipublikasikan di media sosial oleh kantornya dilansir RT, Kamis (19/9/2024).

Hizbullah telah melancarkan kampanye militer berintensitas rendah terhadap Israel sejak Pasukan Pendudukan Israel (IDF) mulai membom Gaza hampir setahun yang lalu.

Baca juga: Qassam Menyala di Rafah: Buldoser Hangus-IDF Tewas, Pakar Militer: Israel Gagal Total Setahun Perang

Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah mengatakan, tujuan serangan harian itu adalah untuk 'mengikat' pasukan Israel di dekat perbatasan Israel-Lebanon untuk mencegah pengerahan mereka ke Gaza, tetapi pejabat Israel – termasuk Gallant – telah mengancam pada beberapa kesempatan untuk melancarkan serangan besar ke Lebanon sebagai pembalasan.

Perang Habis-habisan

Kurang dari dua bulan lalu, Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz mengumumkan bahwa negara Yahudi itu sedang mempersiapkan "perang habis-habisan" dengan Hizbullah.

Katz menambahkan bahwa dia "tidak akan menjelaskan secara rinci" tentang serangan "tidak proporsional" yang akan memicu perang semacam itu.

Serangan itu tampaknya terjadi pada hari Selasa, ketika ribuan pager yang digunakan oleh anggota Hizbullah secara spontan meledak di seluruh Lebanon, menewaskan sedikitnya selusin orang, termasuk dua anak-anak, dan melukai sekitar 3.000 lainnya.

Gelombang ledakan kedua terjadi pada hari Rabu, kali ini menargetkan walkie-talkie genggam.

Ledakan hari Rabu menewaskan sedikitnya 14 orang dan melukai hampir 500 orang.

Baca juga: Gelombang Kedua Serangan Teror Israel Kembali Guncang Lebanon, Mampu Membakar Mobil dan Rumah

Meskipun pejabat Israel belum mengomentari ledakan tersebut, sumber-sumber dari Lebanon, Israel, dan Amerika semuanya telah mengidentifikasi badan intelijen Israel, Mossad, sebagai pelakunya.

Menurut sumber-sumber AS dan Israel yang diwawancarai oleh Axios, Mossad memasang ribuan perangkat komunikasi untuk meledak, dengan maksud untuk memicu ledakan dari jarak jauh sebagai pukulan pertama dalam perang skala penuh dengan Hizbullah.

Mossad memutuskan untuk meledakkan perangkat tersebut lebih awal jika bahan peledak ditemukan dan rencana tersebut digagalkan, kata seorang pejabat Amerika kepada Axios.

Meskipun Gallant dan pejabat Israel lainnya telah mengancam untuk meningkatkan manuver mereka melawan Hizbullah pada beberapa kesempatan dalam beberapa bulan terakhir, komentar menteri tersebut pada hari Rabu didukung oleh tindakan, karena Divisi ke-98 IDF dikerahkan kembali dari Gaza ke Israel utara pada hari sebelumnya.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, Hizbullah mengatakan bahwa pihaknya menganggap "musuh Israel sepenuhnya bertanggung jawab" atas serangan pager tersebut, dan berjanji akan memberikan "perhitungan yang sulit" bagi Israel sebagai balasan serangan itu.

(oln/rt/*)

Baca Juga

Komentar