InJourney Airports Optimistis Pendapatan Terkerek Berkat Gelaran MotoGP Mandalika 2024, Tembus Berapa? - inews

 

inews.id

InJourney Airports Optimistis Pendapatan Terkerek Berkat Gelaran MotoGP Mandalika 2024, Tembus Berapa?

Suparjo Ramalan

JAKARTA, iNews.id - PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports optimistis pendapatan ikut terkerek naik berkat gelaran MotoGP 2024. Seperti diketahui, gelaran itu dilaksanakan di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menurut Direktur Utama Angkasa Pura Indonesia, Faik Fahmi pihaknya belum menghitung besaran pendapatan tersebut. Namun, potensi peningkatan itu didorong oleh 78 penambahan jumlah penerbangan pesawat (ekstra flight) ke Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid di Lombok.

Kemudian, ada juga perluasan fasilitas untuk pesawat kargo, terutama pesawat berbadan besar seperti Qatar Cargo jenis Boeing 777-300F dan Qatar Cargo QR8342 Boeing 777-300F. 

“Kalau dari sisi pendapatan belum kita hitung ya, tapi kita lebih mempersiapkan diri terutama fasilitas komersial di bandara. Kalau kita lihat dibandingkan tahun lalu, tahun ini area komersial jauh lebih lengkap, lebih luas,” ujar Faik kepada iNew.id di Lombok, Minggu (29/9/2024).

klik halaman selanjutnya untuk membaca>>>

Faik menjelaskan, optimalisasi area komersial di Bandara Lombok mendorong naiknya jumlah penumpang dan kargo. Alhasil, revenue InJourney Airports ikut terkerek naik.

“Terus kemudian juga fasilitas untuk pengguna jasa, penumpang juga meningkat, jadi diproyeksikan revenue dari pengelolaan komersial di bandara pasti meningkat, tapi kita gak hitung ke situ, tahap awal ini kita pastikan semua yang datang dan pergi ke bandara merasa nyaman,” ucapnya.

“Jadi fasilitas komersial memastikan kebutuhan mereka untuk makan, minum, kemudian fasilitas pendukungnya AC dingin dan segala macam, itu sudah kita persiapkan,” kata dia.

Sebelumnya, Faik memperkirakan ada 14.000-15.000 penumpang tiba di Bandara Internasional Bandara Zainuddin Abdul Madjid di Lombok, NTB, pada hari terakhir gelaran MotoGP 2024.

Adapun, selama dua hari pelaksanaan MotoGP 2024 volume penumpang di Bandara Internasional Bandara Zainuddin Abdul Madjid naik 20 persen, dibandingkan dengan kondisi normal. Namun, persentasenya jauh lebih tinggi atau menyentuh 23 persen jika disandingkan dengan pelaksanaan MotoGP 2023.

Editor : Puti Aini Yasmin

Baca Juga

Komentar