Masyarakat Tak Perlu Panik dengan Infeksi Mpox, Menkes: Aman kalau Sudah Divaksin Cacar - Kaltim Post

 

Masyarakat Tak Perlu Panik dengan Infeksi Mpox, Menkes: Aman kalau Sudah Divaksin Cacar - Kaltim Post

KALTIMPOST.ID, Menteri Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa masyarakat yang sudah pernah mengalami sakit cacar dan menerima vaksin cacar untuk tidak perlu panik mengenai risiko tertular cacar monyet atau Mpox.

Menteri kelahiran 1964 ini menjelaskan bahwa mereka yang memiliki riwayat penyakit cacar atau telah divaksin cacar secara tidak langsung telah memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik terhadap virus cacar, termasuk Mpox.

Jadi masyarakat tak perlu khawatir karena tubuh sudah mendapat perlindungan alami.

“Sebenarnya Mpox dan pox-pox (cacar) itu virusnya satu famili. Kalau kita pernah divaksin cacar dan kena cacar, daya tahannya ada,” ucapnya, Kamis (12/9).

“Kalau sudah (terinfeksi cacar) sebenarnya sudah terproteksi ya. Jadi gak usah terlalu khawatir,” sambungnya.

Di sisi lain, lanjut Menkes, Indonesia sudah punya fasilitas genomik yang dapat melakukan pendeteksian secara cepat terhadap virus Mpox bila masuk ke dalam negeri, yaitu menempatkan tes PCR di bandara. Langkah ini diambil untuk mencegah masuknya varian terbarunya, Clade 1B ke Indonesia.

Diketahui Mpox Clade 1B disebut mempunyai fatalitas lebih tinggi dan telah mewabah di Afrika Tengah, terutama Republik Demokratik Kongo. Adapun Clade IIB lebih ringan meski memiliki persebaran luas.

“Ada strain baru IB, itu yang sekarang kita jaga karena fatalitasnya 10 persen,” terangnya.

Baca Juga

Komentar