Mimpi Besar Indonesia Punya Tol Bawah Laut Bakal Terwujud di IKN - Kompas

 

Mimpi Besar Indonesia Punya Tol Bawah Laut Bakal Terwujud di IKN

NUSANTARA, KOMPAS.com - Sebentar lagi, mimpi besar Indonesia memiliki jalan tol bawah laut bakal terwujud.

Tol Bawah Laut ini berloaksi di Ibu Kota Nusantara (IKN), di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Pembangunan jalan tol dengan terowongan bawah laut (immersed tunnel) tersebut diharapkan bisa dilaksanakan tahun 2025.

"Belum, masih desain (belum dibangun)," ungkap Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan IKN Danis H Sumadilaga di Jakarta, Jumat (27/9/2024).

Saat ini, masih dilakukan feasibility study (FS) atau studi kelayakan.

Sementara dari sisi detail engineering design (DED), Tol IKN Bawah Laut ini masuk ke dalam segmen 4A-4B tersebut.

Sejauh ini, DED sedang disiapkan oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca juga: Butuh Biaya Rp 11 Triliun buat Bangun Tol Bawah Laut IKN

"Tergantung proses pembiayaannya ya, bisa saja nanti itu merupakan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), bisa saja nanti Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," ungkap Danis.

Apabila proyek tersebut menggunakan APBN, maka harus ditempuh tahapan lelang.

Sebelumnya, Direktur Pembangunan Jalan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Wida Nurfaida menyampaikan, pembangunan immersed tunnel yang berada di Tol IKN Segmen 4A akan dikerjasamakan dengan Pemerintah Korea.

"Perkiraan biaya untuk penyelesaian immersed tunnel, kurang lebih sekitar Rp 11 triliun," ujarnya dalam acara Indonesia-Korea Technical Exchange Seminar dan Business Networking 2024.

Secara kesuluruhan, total panjang jalan tol yang dibangun di IKN ialah 88,54 kilometer. Di mana sejauh ini yang sudah terbangun sepanjang 67,65 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar