Pager Maut yang Meledak Massal di Lebanon Disebut Buatan Hongaria - Inews

 

Pager Maut yang Meledak Massal di Lebanon Disebut Buatan Hongaria - Bagian All

TAIPEI, iNews.id – Pager yang meledak secara massal di Lebanon diketahui memiliki model AR-924. Model itu dikeluarkan oleh Gold Apollo, produsen asal Taiwan.

Akan tetapi, pihak Gold Apollo membantah jika ribuan pager yang meledak di Lebanon itu sebagai buatan mereka. Menurut perusahaan Taiwan itu, pager-pager AR-924 tersebut diproduksi oleh BAC Consulting KFT, yang berpusat di ibu kota Hongaria, Budapest. 

“Berdasarkan perjanjian kerja sama, kami memberi wewenang kepada BAC untuk menggunakan merek dagang kami untuk penjualan produk di wilayah yang ditentukan, namun desain dan pembuatan produk sepenuhnya menjadi tanggung jawab BAC,” bunyi pernyataan yang dirilis Gold Apollo, Rabu (18/9/2024).

Direktur Gold Apollo, Hsu Ching Kuang mengakatan, perusahaannya sudah memiliki perjanjian lisensi dengan BAC selama tiga tahun terakhir. Akan tetapi, dia tidak memberikan bukti kontrak tersebut.

Sedikitnya 11 orang tewas, termasuk seorang anak, dan lebih dari 4.000 lainnya terluka akibat ledakan massal pager di seluruh Lebanon, Selasa (17/9/2024). Kementerian Luar Negeri Lebanon menyebut tragedi itu sebagai akibat serangan siber Israel

The New York Times melaporkan bahwa Israel menanam bahan peledak dalam sejumlah pager baru sebelum diekspor ke Lebanon. Informasi itu diperoleh dengan mengutip pejabat Amerika dan pejabat lainnya yang diberi pengarahan tentang operasi tersebut.

Menurut pejabat keamanan Lebanon dan seorang petinggi gerakan Hizbullah, ledakan itu terjadi terutama di daerah-daerah yang menjadi basis kelompok itu, khususnya pinggiran selatan Beirut dan di wilayah Beqaa di Lebanon Timur, serta di Damaskus. Pejabat Hizbullah itu berbicara kepada The Associated Press (AP) dengan syarat identitasnya dirahasiakan, karena dia tidak berwenang berbicara kepada media.

Baca Juga

Komentar