Pilot Susi Air Dibebaskan, Susi Pudjiastuti: Terima Kasih Pak Jokowi, Pak Prabowo, TNI-Polri - Kompas

 

Pilot Susi Air Dibebaskan, Susi Pudjiastuti: Terima Kasih Pak Jokowi, Pak Prabowo, TNI-Polri

JAKARTA, KOMPAS.com – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, bersyukur atas pembebasan Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, dari penyanderaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya, Sabtu (21/9/2024). 

Melalui akun Twitter resminya, @susipudjiastuti, Susi menyampaikan rasa terima kasihnya ke Presiden Joko Widodo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, TNI, hingga Polri. 

"Alhamdulillah Hirrabbil Alamin. Mendapat kabar Captain Pilot Philip Mehrtens telah kembali, sudah berada di Timika. Allah Maha Besar dan Maha Kasih. Terima kasih kami kepada Pemerintah Bapak @jokowi, @prabowo, @Puspen_TNI, @ListyoSigitP, @HumasPolri dan seluruh pihak yang telah membantu kepulangan Pilot kami," tulis Susi.

Baca juga: Soal OPM Siap Bebaskan Pilot Susi Air, Kapendam Cenderawasih Bersyukur

Philip Mark Mehrtens sebelumnya disandera selama 19 bulan sejak 7 Februari 2023. Philip disandera setelah pesawatnya mendarat di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Pilot asal Selandia Baru tersebut dibebaskan oleh KKB setelah melalui proses negosiasi panjang yang dilakukan oleh Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024.

Kepala Operasi Damai Cartenz, Brigjen Faizal Ramadhani, menegaskan bahwa proses pembebasan ini tidak dilakukan melalui operasi militer, melainkan pendekatan lunak (soft approach) melalui para tokoh agama, gereja, adat, serta keluarga dekat dari Egianus Kogoya.

Baca juga: TPNPB-OPM Ajukan Proposal Pembebasan Pilot Susi Air

"Pendekatan ini penting untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa, baik dari pihak aparat, masyarakat sipil, maupun untuk menjaga keselamatan pilot itu sendiri," ujar Faizal dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/9/2024).

Setelah melalui berbagai upaya, akhirnya pada hari ini Philip dijemput oleh tim Satgas Damai Cartenz. Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 KBP Dr Bayu Suseno menjelaskan, Philip dijemput oleh tim di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga.

Usai dijemput, Philip langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika.

"Ya benar sekali, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika," tutur Bayu.

Baca juga: Pilot Susi Air Dibebaskan, Susi Pudjiastuti: Alhamdullilah, Terima Kasih...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar