Retno Marsudi Ditunjuk Jadi Utusan Khusus PBB untuk Isu Air Dunia, Mulai Bekerja 1 November - Kompas

 

Retno Marsudi Ditunjuk Jadi Utusan Khusus PBB untuk Isu Air Dunia, Mulai Bekerja 1 November

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi ditunjuk oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai Utusan Khusus untuk isu air dunia.

Pengumuman ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PBB António Guterres melalui laman resmi PBB, un.org, Jumat (13/9/2024).

Dikutip dari laman resmi PBB, penunjukan Retno Marsudi bertujuan untuk menggalang kemitraan dan upaya bersama memajukan agenda air global, termasuk tindak lanjut dari hasil Konferensi Air PBB 2023. Retno akan berperan dalam mempersiapkan proses-proses global menuju Konferensi Air PBB 2026.

Baca juga: Bertemu Menlu Angola, Retno Marsudi Harap Kerja Sama Ekonomi Diperkuat

Retno nantinya akan mendukung upaya untuk memastikan masa depan yang aman bagi semua orang dengan mengadvokasi kerja sama politik, ekonomi, dan sosial-budaya yang lebih kuat di semua tingkatan.

Dalam kapasitasnya sebagai Utusan Khusus, Retno diharapkan dapat meningkatkan kerja sama internasional dan menguatkan sinergi antara kebijakan pengelolaan air. Hal ini guna mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) 6 dari Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan.

Baca juga: Pemerintah Palestina Beri Medali Tanda Jasa untuk Jokowi dan Retno Marsudi

Retno juga akan bertindak sebagai pejuang dan advokat tingkat tinggi dalam isu air dan sanitasi, memajukan isu ini sebagai agenda politik utama di dalam dan luar PBB.

Selain itu, ia akan memfasilitasi kerja sama antar pemangku kepentingan, memperkuat sistem PBB, dan memobilisasi sumber daya untuk mengatasi krisis air global.

Mewakili Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam proses air global, Retno Marsudi juga akan bekerja sama dengan UN-WATER dan para anggotanya dalam mendukung implementasi Strategi Sistem PBB tentang Air dan Sanitasi di semua tingkatan, sejalan dengan Kerangka Akselerator Global SDG 6.

Retno Marsudi akan mulai bekerja sebagai Utusan Khusus untuk Air pada tanggal 1 November 2024, setelah menyelesaikan tugasnya sebagai Menteri Luar Negeri RI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar