Saat "Pager" Tenyata Masih Digunakan di Lebanon hingga Amerika - Kompas

 

Saat "Pager" Tenyata Masih Digunakan di Lebanon hingga Amerika.

BEIRUT, KOMPAS.com - Penyeranta atau pager adalah alat komunikasi seluler ringkas pertama yang muncul di pasaran.

Meskipun ponsel pintar kini telah beredar luas di pasaran, sejumlah orang di dunia nyatanya masih menggunakan alat tersebut hingga saat ini.

Di Lebanon, pager telah menjadi sorotan baru-baru ini setelah ratusan perangkat yang digunakan oleh warga -disinyalir para anggota Hezbollah- di berbagai wilayah meledak secara bersamaan.

Baca juga: Pager-pager Meledak Bersamaan di Lebanon, 9 Orang Tewas, 2.800 Terluka

Pager merupakan kotak kecil yang memungkinkan pengguna untuk menerima pesan dan peringatan suara.

Alat ini menggunakan frekuensi mereka sendiri dan oleh karena itu dianggap lebih dapat diandalkan karena dapat melewati jaringan telepon seluler, yang dapat mengalami gangguan, masalah koneksi, atau penyadapan komunikasi.

Fitur-fitur ini kemungkinan menjadi salah satu alasan Hezbollah masih menggunakannya.

Pager di Lebanon meledak.

Lihat Foto

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Perbedaan Electronic Parking Brake dan Brake Hold | Bertemu Lane Hogger di Jalan Tol, Apa yang Harus Dilakukan? | Arogansi Pengemudi Mobil Main Pukul Senggolan di Jalan

Faktanya, setelah perang Gaza, kelompok Lebanon itu sempat mengatakan kepada para anggotanya untuk berhenti menggunakan telepon genggam guna mencegah pelanggaran teknologi oleh Israel.

Pager mengalami masa kejayaannya di Barat pada tahun 80-an dan 90-an.

Menurut produsen pager yang berbasis di Amerika Serikat, Spok, sebanyak 61 juta pager beredar di seluruh dunia pada 1994. 

Baca juga: Lebanon dan Hezbollah Salahkan Israel atas Ledakan Pager-pager

Meski ponsel pintar telah menguasai pasar massal, pager nyatanya masih digunakan di beberapa sektor, seperti rumah sakit, khususnya di Amerika Serikat.

Menurut sebuah studi dalam Journal of Hospital Medicine yang diterbitkan pada 2017, hampir 80 persen dokter RS yang disurvei menggunakan pager dan separuh dari pesan yang diterima melalui pager terkait dengan perawatan pasien.

Pager juga digunakan di bidang yang kurang menyenangkan di dunia kriminal, seperti perdagangan narkoba.

Baca juga: Siapa Lazarus Group, Diduga Peretas Indodax yang Rugikan Rp 338 Miliar

Produsen pager AS, Spok, mengiklankan produknya sebagai alat “yang sinyalnya dapat menembus baja dan logam, sementara sinyal ponsel pintar dapat diblokir”.

Produsen peger lain, Discover Systems, mengatakan sistem pager merupakan alat komunikasi yang lebih dapat diandalkan, misalnya jika terjadi kegagalan jaringan Wi-Fi atau telepon.

Menurut Spok, pager pertama dipatenkan di Amerika Serikat pada 1949 oleh penemu Alfred Gross, seorang pionir dalam komunikasi nirkabel, sebelum digunakan di rumah sakit di New York.

Baca juga: Kata Ahli soal Kemungkinan Penyebab Pager-pager di Lebanon Meledak Bersamaan

Sebagaimana dikutip dari AFP, istilah “pager” secara resmi didaftarkan pada 1959 oleh perusahaan Motorola, yang merupakan pemimpin pasar selama beberapa dekade.

Pager pertama Motorola, Pageboy 1 yang dibuat pada 1964, memungkinkan peringatan yang dapat didengar untuk dikirim melalui telepon sebelum teknologinya disempurnakan dan memungkinkan, sejak tahun 80-an, untuk mengirim pesan tertulis.

Pager pertama Motorola, yakni Pageboy 1, memungkinkan peringatan suara dikirim melalui telepon sebelum teknologi tersebut disempurnakan dan memungkinkan untuk mengirim pesan tertulis.

Pageboy 1 dibuat pada 1964 dan dikembangan untuk pengiriman pesan tertulis pada tahun 80-an.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar