Walkie Talkie-nya Dipakai Israel untuk Ledakan Lebanon, ICOM dan Pemerintah Jepang Gelar Investigasi - Halaman all - TribunNews

 

Walkie Talkie-nya Dipakai Israel untuk Ledakan Lebanon, ICOM dan Pemerintah Jepang Gelar Investigasi - Halaman all - TribunNews

TRIBUNNEWS.COM - Nama perusahaan pembuat perangkat radio Jepang, Icom Inc. tengah menjadi sorotan dunia.

Hal ini terjadi setelah perangkat walkie-talkie produksinya viral digunakan Israel untuk melakukan serangan di Lebanon.

Kabar tersebut viral setelah gambar dari walkie-talkie yang meledak tersebut menunjukkan label dengan tulisan “ICOM” dan “made in Japan.”

Menanggapi kabar tersebut, pada hari Kamis (19/9/2024) Icom mengaku tengah melakukan investigasi mengenai perangkat radio dua arah mereka yang digunakan sebagai senjata Israel di Lebanon

“Pagi ini, media dunia melaporkan bahwa perangkat radio dua arah dengan logo Icom telah meledak di Lebanon,” kata perusahaan dalam pernyataannya.

Guna mengetahui lebih lanjut terkait penggunaan produk mereka sebagai alat perang, Icom mengaku info lebih lanjut akan dibagikan melalui saluran media ofisial mereka.

“Kami sedang menyelidiki fakta-fakta yang terkait dengan masalah ini. Kami akan merilis informasi terbaru di situs web kami,” tambah perusahaan yang terdaftar di Bursa Saham Tokyo itu.

Sikap serupa juga diutarakan Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshimasa Hayashi.

Ia mengaku pemerintah Jepang juga akan turut menelusuri penggunaan produk Icom sebagai senjata oleh Israel.

"Kami menyadari laporan tersebut. Kami sedang mengumpulkan informasi." ungkap Hayashi.

Selain menegaskan bahwa mereka tengah melakukan investigasi, Icom juga menyampaikan fakta menarik terkait walkie talkie yang meledak dalam serangan di Lebanon.

Baca juga: Ratusan Walkie Talkie Hizbulah Meledak, ICOM: Barangnya Sudah tak Diproduksi dan Banyak yang Palsu

Icom mengaku gawai walkie-talkie model IC-V82 yang digunakan dalam serangan di Lebanon tersebut sebenarnya sudah lama tak diproduksi.

Icom mengaku produksi IC-V82 sudah dihentikan sejak tahun 2014 lalu.

Meledaknya ratusan walkie-talkie tersebut menjadi serangan gelombang kedua dengan metode ledakan perangkat dalam dua hari terakhir.

Akibat strategi ledakan gawai yang dilancarkan Israel tersebut, 20 orang tewas dan lebih dari 450 luka-luka pada daerah-daerah yang dikuasai Hizbullah di Lebanon, kata pejabat setempat.

Ledakan tersebut terjadi sehari setelah ratusan perangkat pager yang digunakan oleh Hizbullah juga meledak.

Serangan ledakan pager tersebut menewaskan 12 orang, termasuk dua anak, dan melukai hingga 2.800 orang di seluruh Lebanon.

Meski diduga kuat didalangi Israel, pejabat dari pemerintahan Benjamin Netanyahu tersebut belum mau memberikan komentar tentang ledakan pager dan walkie-talkie yang menyerang lebanon.

Di lain pihak, Amerika Serikat membantah terlibat dalam ledakan tersebut dan mengatakan bahwa prioritas mereka saat ini adalah melakukan diplomasi intensif untuk menghindari eskalasi konflik.

(Tribunnews.com/Bobby)

Baca Juga

Komentar