Berkumpul Pukul 05.15, Menteri Kaget Prabowo Sudah Tiba di Lapangan Akmil - Kompas

 

Berkumpul Pukul 05.15, Menteri Kaget Prabowo Sudah Tiba di Lapangan Akmil

MAGELANG, KOMPAS.com - Para menteri, wakil menteri, kepala badan, utusan khusus, dan penasihat khusus presiden menjalani latihan baris-berbaris di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer Magelang, Jumat (25/10/2024) pagi.

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan/PCO, Hasan Nasbi, mengatakan, para menteri dan seluruh jajaran Kabinet Merah Putih sudah dibangunkan sejak pukul 04.00 WIB di tenda masing-masing.

Pada pukul 05.15, mereka sudah berkumpul di Lapangan Sapta Marga. Namun, dalam momen ini, para menteri kaget karena Presiden Prabowo Subianto hadir lebih dulu di lapangan.

Baca juga: Prabowo Ungkap Latihan Baris-Berbaris untuk Sinergi Pemerintahan, Bukan Kemiliteran

"Yang mengagetkan adalah ketika para anggota kabinet tiba di lapangan, Presiden Prabowo Subianto ternyata menjadi orang pertama terlebih dahulu hadir di lapangan. Presiden Prabowo memberikan contoh teladan sebagai pemimpin yang disiplin," kata Hasan dalam keterangan pers, Jumat.

Adapun kegiatan retret hari pertama diawali dengan olahraga bersama yang dipimpin oleh para pelatih dari Akademi Militer Magelang.

Setelah berolahraga selama sekitar 30 menit, kegiatan dilanjutkan dengan latihan baris-berbaris.

Para menteri, wakil menteri, kepala badan, dan penasihat khusus Presiden dibagi menjadi lima kelompok.

Baca juga: Ketegasan Prabowo soal Efisiensi Anggaran dan Sukseskan Program Makan Bergizi Gratis

"Di setiap kelompok, disediakan masing-masing tiga pelatih baris-berbaris. Presiden Prabowo, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, serta Panglima TNI dan Kapolri juga turut serta dalam latihan tersebut. Jenderal (Purn) Wiranto juga mengikuti latihan bersama para anggota kabinet," tutur Hasan.

Lebih lanjut Hasan menambahkan, Prabowo sempat memberikan arahan kepada para menteri bahwa latihan ini bukan latihan kemiliteran, melainkan untuk menyamakan gerak langkah pemerintah.

Menurut Prabowo, kerja sama tim terbaik dapat dilihat dari sepak bola, di mana semua pemain harus memiliki keyakinan dan tujuan yang sama.

"Tim Kabinet Merah Putih juga harus menyadari bahwa mereka berkompetisi dengan negara-negara lain," beber Hasan.

Sebagai informasi, para menteri sudah memulai retret hari pertama di Akmil Magelang.

Setelah olahraga dan latihan baris-berbaris, para menteri dan kepala lembaga sarapan dan akan menerima materi.

Diketahui, ada empat materi yang bakal diberikan hari ini, termasuk mengenai pencegahan korupsi mulai pukul 09.45 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Informasi 


 Postingan Lainnya