Buntut Sebut Jokowi Nebeng Pesawat TNI AU, Najwa Shihab dapat Kritik Keras hingga Pembakaran Buku - suata

 

Buntut Sebut Jokowi Nebeng Pesawat TNI AU, Najwa Shihab dapat Kritik Keras hingga Pembakaran Buku

Suara.com - Najwa Shihab kini menjadi topik hangat perbincangan warganet di media sosial X dan TikTok usai menyebut Jokowi nebeng pesawat TNI AU ke Solo. Terpantau, nama Najwa Shihab menduduki Trending Topic X Indonesia dengan jumlah cuitan sebanyak lebih dari 11.800 tweet.

Setelah ditelusuri, hal ini mengacu pada momen ketika Najwa Shihab melakukan siaran langsung untuk prosesi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 pada Minggu (20/10/2024). Di antara agenda acara tersebut, kepulangan Jokowi ke Solo setelah purnatugas menjadi perhatian Najwa Shihab.

Sebagaimana diketahui, Jokowi dan sang istri pulang ke Solo menggunakan pesawat Boeing 737-800 Gen dengan nomor A7309. Presiden ke-7 Republik Indonesia itu dikawal oleh skuadron TNI AU. Melihat bukan pesawat komersil yang digunakan, Najwa Shihab kemudian mengeluarkan celetukan bahwa Jokowi menebeng TNI AU.

"Nggak jadi komersil, sekarang nebeng TNI AU," ucap Najwa Shihab dalam cuplikan video yang beredar.

Celetukan tersebut kemudian menuai kontroversi di TikTok. Tak sedikit warganet di platform TikTok yang mengkritik ucapan Najwa Shihab. Sayangnya, beberapa komentar menggunakan kata-kata tak pantas dan bahkan mengarah pada pelecehan terhadap Najwa Shihab.

Tindakan pengguna TikTok tersebut kemudian disorot oleh warganet di media sosial X. Sejumlah warganet menyebut jika Najwa Shihab telah mendapat kritik keras sejak kampanye "Peringatan Darurat" yang mengawal keputusan MK. Hal ini terlihat dari cuitan pemilik akun X @raffi****** dan @dewi****** pada 27 Oktober 2024.

"Semenjak peringatan darurat, mbak Nana udah sering diserang secara masif. Makin brutal lagi setelah 'nebeng' ini digiring sama beberapa pihak. Sedih," tulis pemilik akun tersebut sembari mengunggah tangkapan layar komentar mengenai Najwa Shihab di TikTok.

"Fyi, serangan untuk 'mematikan karakter' Najwa Shihab ini udah dimulai pasca peringatan darurat. Bisa diliat sendiri gimana isi komentar di TikToknya beliau selama kurang lebih dua bulanan ini. Selain dihujani ujaran rasis, bayangin Mbak Nana juga sampe dilecehin begini," tambah akun @dewi******.

Di sisi lain, warganet pun menyoroti sikap pengguna TikTok yang membakar buku karangan Najwa Shihab. Hal ini disorot melalui menfess yang dikirim pada akun X @tanyakanrl pada 27 Oktober 2024.

Baca Juga: Daerah Otonomi Baru, Upaya Jokowi Menjawab Persoalan Sosial di Tanah Papua

"Ini kenapa buku Mbak Najwa Shihab dibakar gini deh? Liat komenannya juga pada ngatain, katanya Mbak Nana orang yang numpang dari Yaman blablabla gitu lah, emang salah apa dah perasaan Mbak Nana nggak pernah aneh-aneh," cuit pengirim menfess tersebut.

Cuitan tersebut kemudian mendapat beragam komentar dari pengguna X lainnya. Sebagian besar pengguna X berpihak pada Najwa Shihab dan mengecam tindakan warganet di TikTok yang membakar buku Najwa Shihab.

"Orang kritis malah dianggap provokator hadeh," tulis akun @leci********_

"Warga TikTok emang serem-serem sih, kayak ngetiknya nggak pake mikir gitu loh," komentar @rep***

"Manusia tone deaf dengan situasi politik bakal mudah kebawa narasi buzzer gini, yang nggak tau permasalahannya jadi ikut-ikutan ngehujat," tambah @abc**********

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Informasi 


 Postingan Lainnya