Palestina Desak ICC Tangkap Menteri Israel yang Serukan Bikin 2 Juta Warga Gaza Kelaparan - inews

 

Palestina Desak ICC Tangkap Menteri Israel yang Serukan Bikin 2 Juta Warga Gaza Kelaparan

TEPI BARAT, iNews.id - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Palestina menyerukan kepada Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk menangkap Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich. Menteri radikal sayap kanan itu menyerukan kepada pemerintah Israel untuk membiarkan 2 juta warga Jalur Gaza kelaparan dengan mencegat bantuan kemanusiaan.

"Pernyataan Smotrich merupakan pengakuan terang-terangan tentang penerapan dan pembualan kebijakan genosida," bunyi pernyataan Kemlu Palestina, dikutip dari Al Jazeera, Kamis (8/8/2024). 

Kemlu juga menyebut pernyataan Smotrich itu merupakan ekspresi langsung dari bentuk fasisme paling buruk.

Bukan hanya itu, lanjut Kemlu, Smotrich seperti menantang hukum internasional dan ICC. Oleh karena itu, ICC harus merespons dengan mengeluarkan surat perintah penangkapan.

Smotrich sebelumnya mengatakan, membuat 2 juta warga Gaza kelaparan masih dibenarkan demi membebaskan tawanan Israel di Gaza.

"Tidak seorang pun di dunia akan membiarkan kita membuat 2 juta orang (Gaza) kelaparan, meskipun itu mungkin dibenarkan dan bermoral demi membebaskan para sandera," kata dia, dalam sebuah konferensi awal pekan ini.

Dia menambahkan, Israel mendatangkan bantuan kemanusiaan ke Gaza karena tak punya pilihan. 

"Kita berada dalam situasi yang membutuhkan legitimasi internasional untuk melancarkan perang ini," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Informasi 


 Postingan Lainnya