PM Spanyol secara Terbuka Nyatakan Dukung Lebanon, Tuntut Gencatan Senjata Segera - Viva

 

PM Spanyol secara Terbuka Nyatakan Dukung Lebanon, Tuntut Gencatan Senjata Segera

Kamis, 3 Oktober 2024 - 15:27 WIB

Madrid, VIVA - Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez pada Rabu menyampaikan solidaritasnya kepada Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati, serta mengulangi seruannya untuk gencatan senjata segera di Lebanon.

"Saya baru saja bicara dengan PM Lebanon @Najib_Mikati untuk menyampaikan solidaritas dan dukungan kami di masa sulit yang dialami negaranya," tulis Sanchez pada X, menyatakan bahwa Spanyol telah meningkatkan bantuan kemanusiaan untuk membantu penduduk sipil Lebanon.

"Sangat penting bagi hukum internasional dan hukum humaniter internasional, serta integritas teritorial Lebanon, dihormati," tambahnya.

Sanchez menegaskan kembali perlunya "menghentikan perang ini" dengan mengatakan bahwa konsistensi "harus terus memandu tindakan eksternal kita".

"Kami menuntut gencatan senjata segera di Gaza dan Lebanon," lanjut dia.

Pernyataan Sanchez disampaikan saat sejumlah pesawat militer Spanyol diberangkatkan ke Beirut untuk mengevakuasi warga Spanyol di Lebanon.

VIVA Militer: Ledakan di Beirut, Lebanon

Ketegangan di kawasan meningkat menyusul serangan brutal Israel di Jalur Gaza, yang telah menewaskan hampir 41.600 jiwa, yang sebagian besar wanita dan anak-anak, yang menurut Israel sebagai balasan atas serangan lintas batas oleh Hamas pada Oktober tahun lalu. (ant)

Iran meluncurkan rudal ke arah Israel

Menlu Spanyol Sebut Timur Tengah di Ambang Perang Regional Total

Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares memperingatkan bahwa dunia "berada di ambang perang regional total" di Timur Tengah sehingga perlu upaya pencegahan.

img_title

VIVA.co.id

3 Oktober 2024

Baca Juga

Komentar