Prabowo: Kita Harus Berani Berantas Korupsi dengan Penegakan Hukum yang Tegas - News Liputan6

 

Prabowo: Kita Harus Berani Berantas Korupsi dengan Penegakan Hukum yang Tegas - News Liputan6

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pidato perdananya usai menjadi Presiden RI 2024-2029. Dalam pidatonya, dia menegaskan akan memberantas korupsi dengan memperbaiki sistem.

"Kita sudah katakan, kita harus berani menghadapi dan memberantas korupsi dengan perbaikan sistem dan penegakan hukum yang tegas, dengan digiltasi. Insya Allah kita akan bisa mengurasngi korupsi secara signifikan," kata Prabowo dalam pidatonya di Gedung DPR MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Prabowo menegaskan, pemberantasan korupsi harus diiringi dengan perilaku petinggi negara. Para pejabat, kata dia, harus memberikan contoh yang baik kepada rakyat untuk tidak melakukan tindak pidana korupsi. 

"Tapi ini harus kita lakukan seluruh unsur pimpinan harus memberi contoh. Ing ngarso sung tulodo. Ada pepatah mengatakan, kalau ikan menjadi busuk, busuknya dari kepala. Semua pejabat, pemimpin eselon, dan semua tingkatan harus memberi contoh menjalankan kepemimpinan pemerintahan yang sebersih bersihnya," kata dia.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029. Keduanya dilantik di Gedung DPR-MPR yang disusul dengan pengambilan sumpah.

Prabowo mengucapkan sumpah jabatan sekitar pukul 10.31 WIB. Dalam sumpahnya, Prabowo mengucapkan janji untuk memegang teguh Undang Undang Dasar. 

"Bismillahirrahmannirrahim, Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Prabowo di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Baca Juga

Komentar