Prabowo Usai Dilantik: Saya Yakin 4-5 Tahun Kita Swasembada Pangan - CNN Indonesia

 

Prabowo Usai Dilantik: Saya Yakin 4-5 Tahun Kita Swasembada Pangan

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Presiden Prabowo bertekad membawa Indonesia menjadi negara yang berswasembada pangan dalam waktu 4-5 tahun ke depan. 

Tekad ia sampaikan dalam pidato pertama usai Prabowo dilantik menjadi presiden ke-8 RI. 

Prabowo mengatakan tekad itu ia tak buat dengan asal. Tekad ia buat dengan melibatkan para pakar.

"Kita harus mampu memproduksi dan penuhi kebutuhan pangan seluruh rakyat Indonesia. Saya sudah pelajari bersama pakar-pakar yang bantu saya. Saya yakin paling lambat 4-5 tahun kita swasembada pangan. Bahkan kita siap jadi lumbung pangan dunia," katanya di Gedung DPR/MPR, Minggu 20/10).

"Saudara-saudara sekalian, saya canangkan RI harus swasembada pangan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Kita tidak boleh bergantung makan dari luar," katanya.

Selain bertekad membawa Indonesia berswasembada pangan, Prabowo juga bertekad membawa Indonesia menjadi negara yang mandiri dalam memenuhi kebutuhan energi.

Ketahanan diperlukan demi mengantisipasi kemungkinan terburuk dari kondisi ekonomi global yang belakangan ini tidak menentu dan membuat setiap negara mementingkan kepentingan mereka sendiri.

"Kalau terjadi hal yang tidak kita inginkan, sulit kita dapatkan sumber energi dari negara lain. Makanya kita harus swasembada energi," katanya.

Prabowo pede Indonesia bisa mewujudkan itu. 

"Kita diberi karunia oleh tuhan, kita ada tanaman yang banyak, kelapa sawit bisa hasilkan bensin, kita juga punya singkong, sagu dan lain-lain, energi bawah tanah, geothermal yang cukup, batu bara banyak, energi dari air," katanya.

(ldy/agt)

Baca Juga

Komentar