Tarif KRL Rp 1 Berlaku untuk Saldo Kartu Minimal Rp 5 Ribu - detik

 

Tarif KRL Rp 1 Berlaku untuk Saldo Kartu Minimal Rp 5 Ribu

Jakarta 

-

KAI Commuter menerapkan tarif spesial Rp 1 untuk seluruh perjalanan di KRL Jabodetabek khusus saat pelantikan Presiden Terpilih dan Wakil Presiden Terpilih pada 20 Oktober 2024.VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus mengatakan bagi pelanggan yang ingin menikmati tarif tersebut syarat saldo minimum saat Tap-In sebesar Rp 5.000.

"Penerapan Rp 1 selama satu hari besok dalam rangka mendukung pergerakan masyarakat merayakan hari pelantikan presiden baru dan tentu pengguna punya harus punya saldo Rp 5.000," kata Joni, dalam sosialisasi penerapan KRL 20 Oktober di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2024).

Dia mengatakan perjalanan Commuter Line Jabodetabek mengacu pada pola operasi hari kerja. "KAI Commuter akan mengoperasikan Commuter Line Jabodetabek sebanyak 1.048 perjalanan dari yang seharusnya hanya 962 perjalanan," Joni menjelaskan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tak hanya itu, pengelola Commuter Line juga merencanakan melakukan tambahan sebanyak 32 perjalanan Commuter Line, sehingga total akan mengoperasikan sebanyak 1.080 perjalanan.

"Penambahan perjalanan ini akan dilakukan secara situasional sesuai dengan kondisi kepadatan pengguna di lintas," tambah Joni.

Selain penambahan perjalanan Commuter Line, KAI Commuter juga melakukan penambahan ruangan dan fasilitas layanan kesehatan di Stasiun Manggarai dan Stasiun Juanda. Di samping, KAI Commuter juga akan menyiagakan mobil ambulans untuk kondisi gawat darurat dan bekerja sama dengan Rumah Sakit, Puskesmas, Dinas Kesehatan untuk penanganan lebih lanjut.

Untuk pengamanan di area stasiun, dengan bekerja sama dengan pihak Polri/TNI, KAI Commuter juga menambahkan petugas pengamanan. Total 325 petugas dikerahkan terutama di stasiun-stasiun sekitar tempat perayaan seperti Stasiun Manggarai, Stasiun Juanda, Stasiun Gondangdia, Stasiun Sudirman, Stasiun BNI City, Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Palmerah.

Untuk layanan pengguna, petugas Passanger Service atau Layanan Penumpang, Petugas ticketing dan Loket Portabel serta petugas kebersihan juga akan ditambah di stasiun-stasiun tersebut. Tak hanya itu, KAI Commuter juga akan memberlakukan jalur khusus pengguna prioritas untuk masuk dan keluar stasiun.

Diprediksi pada gelaran perayaan tersebut, Volume pengguna akan mengalami peningkatan sebesar 45-50%, atau 1-1,2 juta orang.

"Jadi ada potensi akan terjadi kepadatan di stasiun-stasiun yang berlokasi di sekitar pusat kegiatan seperti Stasiun Sudirman, Stasiun BNI City, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Tanah Abang sebagai stasiun transit," tambah Joni

Untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengguna Commuter Line, KAI Commuter juga akan memberlakukan penyekatan di hall stasiun untuk pembatasan kepadatan di peron stasiun. Penyekatan akan dilakukan menyesuaikan kondisi di stasiun.

Untuk memudahkan proses pembayaran, KAI Commuter mengimbau seluruh pengguna untuk menggunakan KMT atau Kartu Uang Elektronik Bank, di mana setiap kartu hanya dapat digunakan untuk satu pengguna. Hal ini akan mempercepat akses masuk dan mengurangi waktu tunggu di gate stasiun.

Diimbau bagi pengguna yang menunggu di area peron, agar selalu mendahulukan pengguna yang akan keluar, serta berdiri tidak melewati garis aman dan menghalangi pengguna yang akan keluar dari dalam Commuter Line. "KAI Commuter juga mengimbau masyarakat dan jadilah pengguna yang tertib dengan mengutamakan keselamatan bersama," tutup Joni.

(ada/fdl)

Baca Juga

Komentar