UGM Posisi 12 Kampus Terbaik Asia Tenggara Versi THE WUR 2025 - Kompas

 

UGM Posisi 12 Kampus Terbaik Asia Tenggara Versi THE WUR 2025

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) menduduki posisi ke-12 kampus terbaik di Asia Tenggara.

Hal ini berdasarkan pemeringkatan universitas terbaik di dunia oleh Times Higher Education (THE) yang baru saja mengumumkan hasil peringkat World University Ranking (WUR) 2025.

Dari hasil pemeringkatan pada 2.092 universitas dari 115 negara, UGM menduduki peringkat kedua di Indonesia setelah Universitas Indonesia dan di tingkat internasional, UGM berada di posisi 1.201-1.500 dunia.

Dari daftar universitas yang berada di peringkat 800 hingga 1.500 dunia, terdapat tujuh perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil masuk di kategori tersebut.

Selain UGM dan Universitas Indonesia, ada Universitas Airlangga, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Binus University, Universitas Sebelas Maret dan Institut Teknologi Bandung.

Baca juga: 10 PTN Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2025, UI dan ITB Unggul

UGM di posisi kedua di Indonesia dan ke-12 di Asia Tenggara

Dalam pemeringkatan yang dilakukan THE WUR, menggunakan beberapa indikator penilaian utama yakni Teaching (29, 50 persen), Research Environment (29 persen), Research Quality (30 persen), Industry Income (4 persen), dan International Outlook (7, 50 persen).

Rektor Universitas Gadjah Mada Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG (K)., Ph.D., mengapresiasi hasil pemeringkatan yang dilakukan THE WUR yang menempatkan UGM berada di posisi kedua di Indonesia dan ke-12 di Asia Tenggara.

Meski posisi peringkat internasional masil di posisi 1.201-1.500 dunia sama dengan tahun lalu, namun Ova menilai terdapat kenaikan pada indikator penilaian.

“Ada kenaikan ada indikator penilaian di Research Environment, Research quality, industry income, ” kata Rektor, Selasa (15/10/2024).

Seperti diketahui, dalam rilis pemeringkatan THE WUR, UGM mengalami kenaikan pada indikator Research Environment yakni dari skor 19,8 menjadi 21,8. Lalu pada Research Quality, terdapat kenaikan dari 21,7 menjadi 26,2.

Baca juga: 7 PTS Terbaik Indonesia Versi THE WUR 2024, Binus dan UMS di Posisi Atas

Sedangkan untuk indikator Industry Income dari sebelumnya di angka 52,8 menjadi 56,4. Sedangkan di indikator Teaching tidak ada perubahan dengan skor 30,9.

Prof. Ova Emilia optimis bahwa proses pembelajaran dan kualitas riset sudah berjalan dengan baik dari terlihat dari meningkatnya skor dari indikatornya.

Ia berharap kedepannya agar upaya peningkatan dari beberapa indikator ini lebih optimal lagi.

“Hasil pemeringkatan ini makin memotivasi kita untuk terus berbenah untuk melakukan perbaikan secara berkelanjutan,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Informasi 


 Postingan Lainnya