Hindari Penipuan Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran, Ini Tiga Kanal Resmi PT KAI | tempo

TEMPO.CO, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengimbau masyarakat membeli tiket kereta api hanya melalui kanal resmi yang telah bekerja sama dengan KAI. Langkah ini untuk menghindari potensi penipuan dari orang yang tidak bertanggung jawab.
Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan perseroannya terus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyediakan tiket sepur yang aman. “Kami terus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyediakan akses yang mudah bagi masyarakat dalam memesan tiket kereta api. Selain itu, pembelian melalui saluran resmi juga mencegah adanya pihak yang memanfaatkan ketidaktahuan calon penumpang,” ujar Ixfan dalam keterangan tertulis, Sabtu, 29 Maret 2025.
Untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan dalam pembelian tiket, KAI telah bekerja sama dengan berbagai platform digital resmi, seperti situs web KAI (kai.id), aplikasi Access by KAI, serta agen perjalanan resmi yang terdaftar. Pembelian tiket melalui kanal resmi menjamin transaksi yang aman, harga yang transparan, serta layanan pelanggan yang responsif.
Ixfan juga mengingatkan masyarakat agar selalu berhati-hati terhadap pihak yang menawarkan tiket kereta api melalui jalur tidak resmi. KAI tidak bertanggung jawab atas tiket yang dibeli di luar kanal resmi yang telah disetujui.
Adapun beberapa kanal resmi yang dapat digunakan untuk membeli tiket kereta api adalah sebagai berikut:
- Situs web resmi KAI – kai.id
- Aplikasi Access by KAI – Dapat diunduh di Google Play Store atau App Store
- Agen Penjualan Tiket Resmi – Agen yang terdaftar dan bekerja sama dengan KAI
Dengan menggunakan kanal resmi, masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fitur yang memudahkan perjalanan, seperti pemilihan jadwal, pemilihan kelas, hingga metode pembayaran yang aman.“Kami mengimbau seluruh calon penumpang untuk selalu memeriksa kembali setiap transaksi tiket dan memastikan keabsahannya sebelum melakukan pembayaran. Jika ada keraguan atau pertanyaan seputar pembelian tiket, jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan KAI,” kata Ixfan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar