KAI Hampir Jual 2 Juta Tiket KA Jarak Jauh, Ini 10 Rute Mudik Lebaran 1446 H Paling Diminati - Opsiin

Post Top Ad

demo-image

KAI Hampir Jual 2 Juta Tiket KA Jarak Jauh, Ini 10 Rute Mudik Lebaran 1446 H Paling Diminati

Share This
Responsive Ads Here

 

KAI Hampir Jual 2 Juta Tiket KA Jarak Jauh, Ini 10 Rute Mudik Lebaran 1446 H Paling Diminati

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatatkan tingginya minat masyarakat terhadap moda transportasi kereta api selama periode Angkutan Lebaran 1446 Hijriah (H)/2025. 

Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, hingga Kamis (14/3/2025), pukul 07.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), penjualan tiket Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ) mencapai 1.917.476 tiket atau sekitar 55,68 persen dari total kapasitas yang tersedia. 

Kemudian, untuk KA Lokal, tiket yang terjual mencapai 42.806 atau sekitar 3,73 persen. 

Baca juga: 710.694 Tiket Tiket Terjual Jelang Nataru, KAI: Rencanakan Liburan dengan Matang, Tiket Masih banyak

“Penjualan tiket KA Lokal masih tergolong rendah karena tiket baru dapat dipesan mulai H-30 sebelum keberangkatan, bahkan sebagian besar hanya tersedia mulai H-7,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Jumat (14/3/2025).

Adapun KAI menyediakan 3.443.832 kursi untuk perjalanan KA JJ dan 1.147.678 kursi untuk KA Lokal yang melayani rute di Pulau Jawa dan Sumatera.

Total kapasitas kursi yang disediakan KAI sebanyak 4.591.510 buah untuk selama periode 21 Maret hingga 11 April 2025. 

Baca juga: Hangatkan Suasana Ramadhan dan Idul Fitri, KAI Hadirkan Livery Tematik di Lokomotif hingga Kabin Penumpang

Anne pun mengimbau masyarakat yang belum mendapatkan tiket sesuai keinginan untuk mempertimbangkan opsi alternatif, seperti memilih tanggal keberangkatan berbeda atau memanfaatkan jadwal perjalanan di luar jam-jam favorit guna meningkatkan peluang memperoleh tiket.

Langkah strategis KAI layani mudik Lebaran 2025

Untuk memastikan perjalanan yang aman dan nyaman selama masa Lebaran, KAI juga melakukan berbagai langkah strategis, termasuk menambah jumlah petugas di berbagai titik pelayanan. 

Optimalisasi sumber daya manusia (SDM) dilakukan untuk memastikan kelancaran operasional, baik di stasiun maupun di atas kereta, serta memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi pelanggan.

Selain itu, KAI juga terus mengembangkan layanan digital agar masyarakat lebih mudah mengakses informasi dan melakukan pemesanan tiket. 

Salah satu upaya itu adalah menempatkan 170 petugas customer service mobile (CSM) di 39 stasiun utama. 

Baca juga: Lonjakan Pemudik 2025: 845,448 Orang, KAI Tambah Perjalanan

Petugas CSM bertugas memberikan panduan, membantu pelanggan saat proses boarding, dan menangani berbagai kebutuhan penumpang secara langsung.

Sebagai bentuk komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan, KAI juga memperluas penyediaan layanan water station di berbagai stasiun guna mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai. 

Pada 2025, empat stasiun tambahan dilengkapi fasilitas tersebut, yakni Stasiun Kertapati, Lamongan, Wonokromo, dan Sidoarjo. 

Baca juga: Sambut Lebaran, KAI Sediakan 4,5 Juta Tiket dengan 9.572 Perjalanan Selama 22 Hari

Dengan demikian, total 28 stasiun di bawah naungan KAI kini memiliki fasilitas isi ulang air minum gratis yang dapat dimanfaatkan pelanggan.

Anne menegaskan, KAI terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan agar perjalanan mudik tahun ini lebih aman, nyaman, dan ramah lingkungan. 

“Dengan berbagai langkah yang telah diimplementasikan, kami optimistis Angkutan Lebaran 2025 akan berjalan dengan baik dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan kereta api,” tuturnya.

Baca juga: KAI Beri Promo Tiket Kereta Mulai Rp 100.000, Ini Daftar 30 KA dari Jogja dan Solo

Adapun Lebaran 2025 menunjukkan pola pemesanan yang relatif konsisten dengan tahun-tahun sebelumnya. Rute-rute favorit masih didominasi perjalanan dari dan ke kota-kota besar.

Sepuluh rute paling diminati oleh pelanggan antara lain:

  1. Gambir-Yogyakarta: 23.288 penumpang.
  2. Yogyakarta–Gambir: 19.853 penumpang.
  3. Gambir–Semarang Tawang Bank Jateng: 18.854 penumpang.
  4. Pasarsenen–Surabaya Pasar Turi: 17.422 penumpang.
  5. Surabaya Pasar Turi–Pasarsenen: 16.761 penumpang.
  6. Pasarsenen–Lempuyangan: 16.304 penumpang.
  7. Pasarsenen–Kutoarjo: 15.937 penumpang.
  8. Semarang Tawang Bank Jateng–Gambir: 15.286 penumpang.
  9. Lempuyangan-Pasarsenen: 14.549 penumpang.
  10. Gambir–Purwokerto: 14.272 penumpang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Comment Using!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages