KWh Meter yang Terendam Banjir Harus Diganti, Begini Cara Lapor dan Biayanya - detik - Opsiin

Post Top Ad

demo-image

KWh Meter yang Terendam Banjir Harus Diganti, Begini Cara Lapor dan Biayanya - detik

Share This
Responsive Ads Here

 Tips

KWh Meter yang Terendam Banjir Harus Diganti, Begini Cara Lapor dan Biayanya

Jakarta 

-

Saat banjir terjadi, hal pertama yang harus dilakukan bukan hanya mengevakuasi diri dan barang, melainkan segera memadamkan listrik di rumah. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya korsleting listrik yang dapat mengakibatkan ledakan pada kWh meter dan kebakaran.

Cara mematikan aliran listrik tersebut, bisa dengan menghubungi pihak PLN. Biasanya pemadaman akan dilakukan serentak di satu daerah yang terendam banjir, terutama yang ketinggian airnya melebihi pinggang orang dewasa.

Setelah banjir surut, kita tidak bisa asal menggunakan listrik atau menyalakan kembali kWh meter. Sebab, kWh meter yang terendam banjir harus diganti dengan yang baru.

Cara menggantinya dengan meminta bantuan pihak PLN. Menurut petugas Pelaksana Penyambungan PT PLN, Bungsu, setiap pengguna dapat mengajukan penggantian kWh meter melalui aplikasi PLN Mobile.

"Di PLN Mobile aja. Nanti lapor aja, misalkan berapa rumah seperti itu. Kalau kena banjir itu semuanya harus diganti seharusnya," kata Bungsu kepada detikProperti saat ditemui di Bekasi, Rabu (13/3/2025).

Ia mengatakan seluruh penggantian kWh meter tidak dikenakan biaya sepersen pun. Apabila di dalam kWh meter masih terdapat pulsa milik warga, sisa saldo tersebut akan kembali dan tidak hangus.

"Nggak ada biaya. Itu (kWh meter) kan masih aset PLN. Kalau ada sisa pulsanya pasti diganti di PLN. Itu kan dicatat dulu sisanya (pulsa) berapa," jelasnya.

Terkait lama penggantian kWh meter, Bungsu menyebut setelah laporan dari pelanggan masuk, pihak PLN akan mengirim orang ke rumah yang tertera pada nomor pelanggan. Pemilik rumah tidak perlu harus ada di tempat pada saat penggantian kWh meter, petugas bisa melakukan sendiri.

Cara Mengajukan Laporan Ganti kWh Meter di PLN Mobile

Saat ini segala pengaduan terkait masalah kelistrikan di rumah, bisa diajukan melalui aplikasi PLN Mobile. Caranya sebagai berikut.

  1. Unduh aplikasi PLN Mobile
  2. Buka fitur Pengaduan
  3. Isi form pengaduan yang sudah tersedia
  4. Siapkan nomor pelanggan yang tertera pada kWh meter dan lampirkan foto kondisi kWh meter
  5. Kirim laporan dan tunggu hingga petugas datang
  6. Cek secara berkala kelanjutan laporan kamu di fitur Riwayat Pengaduan

Punya pertanyaan soal rumah, tanah atau properti lain? detikProperti bisa bantu jawabin. Pertanyaan bisa berkaitan dengan hukum, konstruksi, jual beli, pembiayaan, interior, eksterior atau permasalahan rumah lainnya.

Caranya gampang. Kamu tinggal kirim pertanyaan dengan cara klik link ini

Simak Video "Video: 'Mungkin Banjir Ini Teguran'"



(aqi/zlf)
Comment Using!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages